Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat Dengan 10 Langkah

cara mengatasi susah tidur

10 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat Tidur

Table of Contents

Susah tidur pada malam hari dapat menyebabkan efek yang berbahaya. Ini terjadi karena tidur sangat penting bagi tubuh yang sudah melakukan aktivitas selama seharian penuh. Berikut adalah langkah untuk mengatasi susah tidur pada malam hari tanpa obat.

cara mengatasi susah tidur
cara mengatasi susah tidur

Kelainanan susah tidur akan berakibat buruk pada aktivitas kita sehari-hari. Rasa pegal dan lelah akan terasa jika bangun tidur dalam kondisi tidur yang tidak cukup. Makan dari itu, anda perlu mengatasi susah tidur dan mencobanya sesegara mungkin agar hidup anda kembali normal.

Berbagai obat telah tersedia oleh para dokter untuk menanggulangi penderita susah tidur atau terkenal dengan nama insomnia. Tetapi, penggunaan obat hanya dapat terpakai jika mendapat rekomendasi dokter. Hal ini karena oleh efek obat yang dapat menimbulkan ketergantungan.  Agar lebih aman, lakukan cara berikut untuk mencegah Anda mengalami susah tidur.

Penyebab Susah Tidur Pada Malam Hari

Penyakit susah tidur biasa terkenal dengan nama Insomnia. Akan tetapi, tidak semua susah tidur terjadi oleh insomnia. Penderita bisa dapat mengalami insomnia jika sudah mengalami susah tidur dalam waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Jika sudah mengalami susah tidur selama berbulan-bulan, penderita bisa jadi telah mengidap insomnia kronis dan harap segera untuk menghubungi dokter.

Susah tidur biasanya terjadi pada orang yang sangat lelah dan memiliki banyak beban pikiran. Pada lain sisi, terkadang orang susah tidur karena terbangun pada malam hari. Kejadian ini membuat banyak orang menjadi ketergantungan untuk menggunakan obat tidur.

  1. Stres Berlebihan

    Beban pikiran yang terlalu banyak dan berat akan menyebabkan Anda untuk susah tidur. Hal itu terjadi karena otak yang masih aktif bekerja saat sudah berada di atas tempat tidur pada malam hari.
    cara mengatasi susah tidur

  2. Pola Tidur Yang Buruk

    Dengan waktu tidur yang kurang teratur, akan menyebabkan Anda untuk susah tidur di malam hari. Penyebabnya adalah banyaknya aktivtias berat sebelum tidur seperti menonton, bermain game, bekerja, dan lain sebagainya.

    cara mengatasi susah tidur

  3. Kondisi Kamar Tidur Yang Tidak Nyaman

    Pada umumnya, suhu udara diatas 23 derajat celcius berpotensi mengganggu Anda untuk tidur di malam hari. Selain itu, gangguan fisik lain seperti alas tidur yang tidak nyaman, adanya bunyi-bunyian yang mengganggu, radiasi gadget, serta makan dan minum sebelum tidur akan berdampak banyak pada pola tidur Anda.cara mengatasi susah tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat Tidur

Seorang ahli kedokteran keluarga, Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK mengemukakan bahwa sebagian penderita insomnia cenderung menggunakan obat-obatan untuk mencegah kesulitan tidurnya.

Hal tersebut kadang memberikan dampak ketergantungan pada penderita yang hanya bisa tertidur jika mengonsumsi obat tidur. Kondisi ini rawan menyebabkan ketergantungan obat.

Lakukan langkah berikut agar Anda dapat mengatasi kesulitan tidur tanpa menggunakan obat-obatan.

1. Buat Jadwal Aktivitas Sebelum Tidur

Jadwal aktivitas yang tidak teratur akan mengakibatkan pola tidur yang juga tidak teratur. Keteraturan aktivitas akan memprogram jadwal tidur Anda dengan baik. Dengan beraktivitas di siang hari dan berisitrahat di malam hari dapat menurunkan hormon melatonin yang akan membuat Anda lebih rileks pada malam hari.

2. Membatasi Penggunaan Gadget

Sulit tidur sering disebabkan karena menggunakan gadget sesaat sebelum kita hendak tidur. Radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh gadget akan semakin membuat Anda sulit untuk tertidur.Maka dari itu, matikan TV, HP, computer, laptop, atau gadget lainnya minimal 30 menit sebelum anda tidur. Dapat juga dicegah dengan penggunaan kacamata lensa anti radiasi ataupun mengubah layar gadget untuk mengurangi paparan cahaya birunya.

3. Mandi Sebelum Tidur

Beberapa penelitian membuktikan bahwa tidur akan membuat seseorang lebih mudah untuk mengantuk. Bahkan dalam sebuah penelitian, berendam dengan air hangat sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak.

4. Tempat Tidur Yang Nyaman

Sebelum tidur, usahakan untuk membersihkan tempat tidur dari kotoran atau debu pasir yang ada. Merapikan tempat tidur akan menghindari Anda dari ketidaknyamanan. Bila memungkinkan, atur suhu kamar tidur lebih dingin dan senyaman mungkin. Preferensi suhu ini berbeda bagi setiap orang, silakan atur sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

5. Hindari Merokok Dan Kopi Sebelum Tidur

Merokok dapat menyebabkan Anda untuk sulit tidur karena kandungan nikotinnya. Minuman seperti alkohol, the, dan juga kopi sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur.

6. Olahraga Ringan

Olahraga secara teratur dapat mengurangi tekanan pikiran yang sedang dialami. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, maupun jalan kaki memutari kompleks perumahan. Hindari untuk melakukan olahraga berat pada sore hari karena akan membuat Anda malah lebih susah untuk tertidur.

7. Batasi Durasi Tidur Siang

Tidur siang yang berlebihan malah akan mengganggu siklus tidur Anda. Sebaiknya batasi durasi tidur siang dengan maksimal 30 menit saja sebelum pukul 3 sore. Semakin dekat tidur siang Anda dengan tidur malam, semakin susah Anda akan tertidur pada malam hari.

8. Latihan Pernapasan Dengan Teknik 4-7-8

Relaksasi sebelum tidur juga dapat dilakukan sebagai ritual sebelum tidur. Relaksasi ini berguna agar tubuh dan pikiran lebih santai. Tubuh yang santai dan pikiran yang ringan akan memudahkan Anda untuk tidur.

Coba latihan teknik pernapasan 4-7-8 sebelum anda tidur:

  • Tarik napas selama 4 detik melalui lubang hidung
  • Tahan napas selama 7 detik
  • Kemudian hembuskan melalui mulut
  • Ulangi sebanyak 3 kali

9. Tinggalkan Kamar Tidur Sebentar

Jika masih belum bisa untuk tertidur, Anda dapat meningglakan kamar tidur sejenak. Bangun dan pindah ke ruangan lain, serta lakukan sebuah aktivitas ringan untuk membuat Anda cukup lelah. Sebagai contoh, bacalah buku ringan sebelum tidur.

10. Mendengarkan Musik Ringan

Musik yang ringan akan membuat tidur Anda semakin nyenyak. Bahkan, dengan mendengarkan music ringan yang membuat kita semakin rileks juga digunakan untuk mengobati gangguan tidur kronis.

Coba praktikkan beberapa cara mudah diatas untuk mengatasi kesulitan Anda untuk tertidur.