Cara Move On Terbaik Yang Harus Kamu Lakukan Sesegara Mungkin​

cara move on terbaik

11 Cara Move On Terbaik Yang Harus Kamu Lakukan Sesegara Mungkin

Fase putus cinta bukanlah hal sepele bagi setiap orang. Apapun latar belakangnya, baik itu pernah belajar psikologi ataupun tidak, putus cinta selalu menjadi fase hidup yang bikin sakit hati. Mencari cara move on terbaik adalah keharusan, kalau tidak, bisa menjadi malapetaka bagi dirinya yang terus menerus terikat dengan kesengsaraan.

Table of Contents

cara move on terbaik

Terkadang, tak ada satupun hiburan yang bisa mengobati rasa sakit putus cinta. Tapi, tidak ada acara instan untuk melewati hal ini selain dengan melaluinya.

Banyak sekali psikolog dan instansi psikologi yang menawarkan bantuan untuk move on dari patah hati. Namun, bantuan tersebut tidak akan bisa mengobati secara instan. Hingga akhirnya, kamu perlu melewatinya pelan-pelan, proses demi proses yang harus kamu lalui hingga akhirnya kamu bisa move on.

Tapi, proses move on ini tidak selalu sulit. Kamu bisa melakukannya dengan mudah dan menikmatinya dengan memilih cara move on yang pas untuk kamu.

Berikut cara move on terbaik yang harus kamu lakukan:

1. Bersihkan Galeri Handphone

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka galeri foto dan video di handphone kamu dan cari kenangan-kenangan kalian berdua. Jika ada, hapus dan berhenti terpenjara kenangan-kenangan manis itu.

Proses yang pertama ini adalah langkah yang paling penting dan mendesak. Kamu akan merasa lega setelah menghapus foto dan video tersebut. Ini langkah penting untuk melanjutkan move on selanjutnya.

2. Hapus Riwayat Chat Mantan

Jangan ragu untuk hapus chat bersama mantan, apalagi dia yang memutuskan hubungan kalian bersama. Pondasi kamu move on akan semakin kuat jika sudah melewati fase ini

Jangan sampai pondasi move on roboh karena “tidak sengaja” membaca chat yang manis bersama mantan. Hapus semuanya dan jangan sampai tersisa. Jangan tersisa sedikitpun.

3. Jangan Mendengarkan Lagu Kenangan Bersama

Musik itu memiliki kekuatan yang sangat besar untuk memancing memori yang sebenarnya sudah terhapus. Coba kamu bayangkan, sebuah malapetakan dating jika kamu tiba-tiba langsung mendengar lagu itu terlintas di telingamu

Aktivitas kamu dalam sehari akan terganggu, kamu menjadi malas, dan mendung menyelimuti pikiran dan kenanganmu. Coba hindari lagu itu dengan menghapus playlist tersebut.

cara move on terbaik

4. Berhenti Mengkhayal

Mengkhayal menjadi hal yang pasti kamu lakukan sehari-hari dulunya Bersama mantan tersayang kamu. Jangan sampai itu terjadi kembali setelah kamu sudah putus.

Khayalan yang bersifat manis seperti janji-janji pernikahan, janji-janji cita-cita, dan lain-lain silakan dihapus dan jangan sampai kamu ingat-ngat lagi. Selain akan membuat sia-sia proses move on, hal seperti itu juga tindakan yang mendahului takdir Tuhan.

Juga kamu harus berhenti berkhayal untuk mendapatkan dia kembali. Itu tak akan pernah terjadi. Lanjutkan saja proses move on dengan pelan-pelan tapi pasti.

5. Menghindari Tempat Yang Punya Kenangan

Saat pacaran pasti seringkali kamu mengunjungi tempat-tempat dan lokasi-lokasi tertentu untuk menghabiskan waktu bersama pacar kamu yang sudah menjadi mantan.

Coba hindari tempat-tempat itu dan jangan pernah berpikir untuk pergi kesana,baik itu sendiri maupun dengan bersama orang lain. Kamu akan merasakan de javu dan teringat kembali kenangan-kenangan manis bersama mantan kamu dahulu.

Bersikap baiklah dengan menghindar tempat tersebut.

6. Jangan Ingat Yang Baik-Baik Saja

Teringat kenangan mantan adalah sebuah keniscayaan. Sehebat apapun kita untuk melupakan hal tersebut, pasti juga akan teringat. Karena memang, sangat sulit untuk mengendalikan hal-hal apa saja yang perlu diingat oleh otak dan terlintas oleh pikiran.

Tapi, hal itu bisa diatasi dengan cara mengingat juga hal-hal buruk yang pernah kamu rasakan bersama dia, mantan kamu. Kalau pikiran kamu sedang terlintas hal-hal bahagia bersama dia, kamu harus menambahkan kenangan itu dengan yang membuat kamu marah dan benar-benar membuat kamu menjadi sedih.

7. Jangan Kepo Medsosnya

Kalau sudah putus, buat apa kamu terus-terusan cek media sosialnya? Kamu punya kepentingan apa untuk tahu apa yang dia lakukan sehari-hari?

Semakin sering kamu stalking akun media social mantan kamu, semakin susah pula kamu akan sukses untuk move on. Pondasi move on yang kami lakukan sejauh ini akan sia-sia ketika membaca curhatan-curhatan di di timeline media sosialnya.

8. Stop Chat Dia

Tidak perlu kamu terus-terusan menanyakan hal-hal yang tidak penting dengan mantan kamu. Saat kamu sudah putus, itu berarti tidak ada lagi urusan yang harus kamu lakukan bersama dia.

Jangan menanyakan alasan kalian mengakhiri hubungan dengan berkali-kali. Terima saja kenyataan yang terjadi di depan kamu. Jangan membuat posisi mantan kamu itu menjadi tokoh utama dalam kejadian ini.

9. Lakukan Hal-Hal Yang Menyenangkan

Meskipun melakukan hal-hal yang menyenangkan saat putus cinta terlihat sia-sia, karena apa yang indah ketika terjadi putus cinta?

Teruslah bergerak dan hindari untuk mengurung diri di kamar sendiri. Faktanya, hidup ini terus bergerak meskipun dia tidak lagi di sisimu.

10. Buang Barang Kenangan

Kalau ada barang-barang yang menyisakan kenangan kamu dengan mantan kamu, buanglah dari pandangan matamu. Barang-barang tersebut bisa jadi berbentuk boneka, foto, baju, dan aksesoris lainnya.

Kalau bisa, berikan saja pada teman atau keluarga kamu yang membutuhkan. Yang paling penting kamu tidak melihatnya lagi di lain waktu.

11. Curhat Ke Teman atau Keluarga

Teman dan keluarga yang baik akan mencoba menghibur kamu melalui masa-masa sulit ini.

Seorang psikolog pernah berbicara pada sebuah artikel Insider yaitu “Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membicarakan apa yang kamu rasakan mengenai perpisahan itu dengan teman dekat dan orang-orang tersayang.

Membiarkan orang mendengar apa yang ingin kita katakan pada diri kita dapat membantu kita menjauhi kesendirian dan membuat kita tidak merasa sendiri.

12. Jangan Reaktif

Reaktif yang dimaksud di sini adalah melakukan hasrat sesaat yang berasal dari pemikiran pendek. Hal-hal reaktif yang bisa jadi kamu lakukan ketika sedang putus cinta yaitu mengganti gaya rambut, mencari pasangan baru, melakukan hal-hal buruk yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Lakukanlah hal-hal tersebut jika kamu sudah bisa berpikir dengan jernih dan bisa mengenali perasaan yang kamu rasakan.

Nanti akan ada waktunya kamu melakukan hal-hal tersebut jika kondisi perasaan kamu sudah mulai stabil.

13. Curhat Lewat Tulisan

Blog pribadi, jurnal harian, buku diary, dapat menjadi tumpahan keluh kesah, curhatan, kekecawaan, serta ekspresi segala perasaan yang kamu rasakan sekarang.

Kami menyarankan untuk menjaga tulisan itu untuk diri kamu pribadi saja, jangan dituangkan ke media sosial. Media sosial bukanlah tempat untuk mengeluarkan segala perasaan yang kamu miliki.

Orang-orang di media sosial bisa jadi tidak mengetahui apa yang sedang terjadi dan akan menilai kamu salah pada kondisi tersebut. Dalam jangka Panjang, hal ini tidak akan membantu proses move on kamu. Simpan rapat-rapat dari media sosial.