5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Disaat Pandemi Covid – 19

menggambarkan orang depresi saat pandemi

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Disaat Pandemi Covid – 19

Table of Contents

menjaga kesehatan mental

Sudah hampir setahun dunia dilanda pandemi Covid-19. Pandemi ini mengakibatkan banyaknya kerugian di berbagai sektor industri. Tidak hanya merugikan perusahaan dan negara, pandemi ini pun merugikan banyak orang dengan berbagai macam kerugian. Ditambah ditengah situasi pandemi seperti ini, bencana diawal tahun pun datang silih berganti. Hal ini tentu sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tak sedikit dari kita yang bosan dengan kegiatan “Di Rumah Saja” , banyak pekerjaan yang dialihkan menjadi Work From Home untuk menghindari penyebaran virus lebih luas lagi. Tak sedikit pula masyarakat yang kehilangan pekerjaannya karena situasi seperti ini, masalah ini pun berdampak kepada kesehatan mental seseorang. Masyarakat membutuhkan rekomendasi cara menjaga kesehatan mental mereka saat menghadapi pandemi covid

Situasi seperti ini memang membuat stress kita semua, kita hidup dihatui bayang – bayang penyakit baru yang masih simpang siur beritanya. Kita juga di bayang – bayangi oleh berbagai hoax dan black campaign dari beberapa pihak terkait vaksin yang dikeluarkan oleh pemerintah kita. Ini tentunya sangat mengganggu kesehatan mental kita karena merasa ketakutan, tidak mendapat kepastian dan tidak bisa berbuat apa – apa. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dengan mental yang sehat, maka akan membantu tubuh kita menjadi lebih kuat, jika tubuh kita kuat maka virus tidak akan mudah menyerang tubuh kita. Berikut Salurehat memberikan rekomendasi 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Disaat Pandemi Covid-19

Olah Raga

olahraga

Di tutupnya sarana olah raga di saat pandemi seperti ini, tidak membuat kita untuk berhenti berolah raga. Kita dapat berolah raga di rumah dengan mengikuti tutorial atau kelas online olah raga juga lho. Selain meninggikan imun tubuh, dengan rajin berolah raga akan menambah aktifitas kita saat di rumah saja lho. Terkadang disaat kita tidak melakukan sesuatu, kita akan memikirkan hal yang tidak baik, itu sangat mengganggu pikiran kita, maka dari itu dengan berolah raga, kita akan melupakan pikiran – pikiran yang semestinya tidak kita pikirkan. Ada banyak macam olah raga yang dapat kita lakukan saat dirumah, seperti : senam, push up, pull up, lari jarak pendek, skipping, dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan Social Media dengan Baik

Beruntungnya kita, saat ini dunia digital sudah sangat berkembang. Disaat pandemi seperti ini, kita dianjurkan untuk tidak pergi kemana – mana agar tidak tertular dan jadi perantara bagi keluarga dan orang lain. Dengan berkembangnya teknologi digital, kita diharapkan dapat memanfaatkan social media dengan baik. Kita tetap bisa mengobati rasa rindu kita kepada keluarga dan kerabat melalui social media. kita dapat bertukar kabar, bertukar informasi bahkan kita bisa membuat usaha kecil – kecilan di social media tersebut. Ini tentunya dapat mengurangi rasa khawatir kita terhadap orang – orang yang kita sayang, dengan ini kita tidak akan merasakan overthinking yang berlebih, dan menyehatkan mental kita.

Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Disaat pandemi seperti ini, kita dituntut untuk menjaga kesehatan kita dengan makan makanan yang sehat, agar asupan nutrisi ditubuh kita tetap stabil sehingga kuat. Kita juga dapat memilih makanan yang kita suka, yang tentunya memiliki gizi yang tinggi ya!. Dengan memanfaatkan teknologi yang sangat memadai, kita dapat memesan makanan secara online lho, sebelum memesan Salurehat menyarankan kalian untuk melihat review – review makanan kesukaan kalian ya!. Mengkonsumsi makanan yang bergizi apa lagi yang kita suka tentunya akan menjaga imun kita menjadi lebih tinggi lho.

Bijak dalam Menerima Informasi

bijak dalam membaca informasi

Saat ini, informasi yang beredar luas sangatlah banyak. Maka dari itu kita harus bijak dalam menerima informasi mana yang ingin kita dapatkan. Karna jika kita mendapatkan informasi hoaxyang hanya menakut – nakuti kita saja, itu akan menimbulkan stress pada pikiran kita di saat pandemi. Ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mental kita sedang yang ter – isolasi dirumah saja. Bacalah berita dari portal berita yang terpercaya dan juga batasi diri kita dalam menerima berita atau informasi. Lebih baik untuk mencari bacaan – bacaan yang bersifat positif, agar pikiran kita selama pandemi ini positif juga.

Luangkan Waktu Untuk Me Time

luangkan waktu untuk me time

Melakukan Work From Home tentunya membuat penat pikiran kita, karena jam kerja yang semakin tidak menentu. Sebaiknya kita luangkan waktu untuk me time menikmati waktu kita sendiri setiap hari, dengan melakukan hobi yang kita suka. Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan setelah bangun tidur kita dapat memasak makanan yang akan kita makan hari ini, lalu dapat berolah raga dan merawat tumbuhan. Disore hari luangkan waktu untuk mendengarkan musik sambil membaca buku dan juga kita dapat mengubungi keluarga dan kerabat terdekat. Dimalam hari kalian bisa menonton film atau drama series favorit kalian juga lho. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, ini juga akan membantu menyehatkan mental kita disaat pandemi ini. Kegiatan ini juga dapat mengetahui diri kita lebih dalam juga karna kita lebih sedikit berinteraksi dengan orang.

Dari kelima cara tersebut, diharapkan dapat membantu dalam menjaga kesehatan mental kita selama masa pandemi ini. Dengan ini tidak menjadikan kita sebagai orang yang murung, bahkan depresi di tengah krisis pandemi ini. Kita juga harus saling menguatkan satu sama lain kepada keluarga dan kerabat terdekat untuk bisa melewati ini semua hingga pandemi ini berakhir. Dan juga jangan lupa untuk menebarkan energi positif yang kita miliki kepada orang lain.