Arti Ghosting Dalam Kosakata Anak Muda

ghosting

Arti Ghosting Dalam Kosakata Hubungan Anak Muda

Pengertian Ghosting

Kata ghosting viral lagi saat ini setelah tahun lalu kata ini menjadi kosakata popular yang paling populer di pencarian google. Viralnya kata ghosting ini karena terdapat beberapa kejadian di media sosial tentang fenomena ghosting.

Table of Contents

ghosting
Sumber: Freepik.com

Arti kata ghosting dari bahasa inggris adalah bayangan. Sedangkan secara istilah yang ramai  oleh anak muda artinya sikap seseorang dalam memutuskan hubungan atau komunikasi secra tiba-tiba tanpa penjelasan. Pelaku akan meninggalkan komunikasi yang sudah intens dan hubungan yang sudah erat.

Elle.com dalam artikel Ghosting is Now An Pandemic, melakukan survey tentang ghosting yang terjadi pada anak muda, dan tertulis bahwa terdapat 26 persen perempuan dan 33 persen laki-laki pernah melakukan ghosting dan di-ghosting. Sementara 17 persen laki-laki dan 24 persen pernah di-ghosting tapi belum pernah meng-ghosting.

Menurut survey yang terpublikasikan Elle.com tersebut, pelaku ghosting bukanlah orang jahat. Pasalnya, ghosting bisa terjadi dengan alasan psikologi, yang mungkin memiliki alasan ketakutan dari konflik dan melakukan aksi menghindari seseorang. Ghosting ini tentang menghindari konflik, menghindari konfrontasi, menghindari percakapan yang sengit, serta menghindari menyakiti perasaan orang lain.

Meskipun begitu, menurut psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum yang dilansir dari cnbcindonesia.com, ghosting dapat memberikan dampak psikologis yang berat pada korbannya. Dampak psikologis yang terjadi seperti perasaan tertolak yang menyebabkan kecemasan dan hilangnya percaya diri. Rahma mengatakan bahwa “Dalam beberapa penelitian, perasaan terkucilkan oleh sosial dan oleh seseorang atau lingkungan dapat menimbulkan rasa kesepian, rasa kesedihan, kecemasan, hilangnya self-esteem, frustasi, hingga depresi”.

Penyebab Ghosting

Dalam artikel tersebut, tertulis bahwa setidaknya ada tiga hal yang dapat memicu seseorang menjadi terbiasa melakukan perilaku ghosting, yaitu karena kesulitan berkomunikasi, susah memiliki komitmen dalam menjadlin hubungan percintaan maupun persahabatan, dan terdapat masalah psikologis atau gangguan kesehatan mental.

Seseorang yang melakukan ghosting memiliki perasaan ingin mengakhiri hubungan tapi sulit untuk melakukan komunikasi. Bisa jadi karena enggan menyakiti perasaan korban atau karena memang memiliki kesulitan untuk berkomunikasi. Pasalnya, mengkomunikasikan perasaan sangat berbeda dengan mengkomunikasikan hal-hal aktivitas sehari-hari.

Tidak adanya keseriusan dan komitmen dalam berhubungan  juga menjadi faktor terjadinya ghosting. Memiliki ciri-ciri dengan tidak serius dalam melakukan hubungan.Terbiasa untuk tidak bertanggung jawab pada hal-hal yang dilakukannya sehari-hari, hingga menjadikan suatu hubungan tersebut hanyalah permainan belaka.

Studi ilmiah mengatakan bahwa ghosting merupakan cara terburuk untuk menghindari sebuah hubungan. Ghosting hanya menghindari konflik sesaat saja dan menjadi bom waktu di kemudian hari. Dengan menghindar, akan memunculkan kemarahan dan sakit hati yang lebih besar dari sang korban.

Pelaku ghosting pun juga akan merasakan cemas ketika meninggalkan suatu hubungan tanpa ada penjelasan apapun. Karena semaki menghindari konflik, semakin besar kemunculan yang muncul sering waktu.

Menghadapi Ghosting

Untuk menghindari perilaku ghosting di kemudian hari, kamu perlu latihan untuk menghadapi tantangan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Rasa cemas dan rasa takut akan sering kita hadapi, dan hal itu yang akan membuat kamu lebih kuat menghadapai konflik. Berlatihlah pada keluarga atau teman yang kamu percayai.

ghosting
Sumber: Unsplash.com

Dengan seringnya kamu menghadapi ketakutan-ketakutan sehari-hari, kamu akan lebih siap untuk memberanikan diri melawan konfrontasi jika keadaan tersebut membutuhkan percakapan.

Sedangkan untuk korban ghosting, cobalah untuk berjalan keluar rumah, hirup udara segar dan latihlah pernapasan. Setelah itu, lakukan mandi dengan air dingin dalam waktu yang lama. Itu akan membantu kamu sedikit lebih baik.

Ghosting Dalam Pertemanan

Sedangkan untuk korban ghosting, cobalah untuk berjalan keluar rumah, hirup udara segar dan latihlah pernapasan. Setelah itu, lakukan mandi dengan air dingin dalam waktu yang lama. Itu akan membantu kamu sedikit lebih baik.

Dalam hubungan seperti ini, sangat penting menjaga perasaan agar tidak berlebih. Karena tersamarkan dengan hubungan persahabatan, dan saling mengasihi tanpa main hati

Ghosting dalam hubungan seperti ini banyak terjadi karena kekhawatiran dalam menyakiti hati saat ingin menghindari teman. Dan mereka yang melakukan ghosting biasanya memliki alasan untuk menjaga, bukan karena tidak menyukai.