Baby Blues Syndrome? Apasih Penyebab dan Cara Mengatasinya?

baby blue

Baby Blues Syndrome? Yuk Kenali dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Baby blues syndrome? Ketika seseorang baru menjadi seorang ibu banyak hal yang dapat dirasakan. Perasaan senang, bahagia dan terharu merupakan emosi yang sering dirasakan. Tahukah kamu bahwa ketika seseorang baru melahirkan biasanya terjadi perubahan mood secara cepat atau mood swing. Kadang ibu cenderung merasa sedih, marah, dan bingung. Hal ini merupakan hal yang wajar dan normal untuk dirasakan. Karena terjadi perubahan baik dalam hal fisik maupun mental

baby

Table of Contents

Mengenal Baby Blues Syndrome

Apa itu baby blues syndrome?

Baby blues syndrome merupakan keadaan Psiologis sementara yang membuat ibu yang melahirkan cenderung merasa sedih, walau keadaan bayinya normal.

Baby Blues Syndorome merupakan biasanya terjadi beberapa jam atau 1-2 minggu setelah melahirkan.

Apa setiap orang merasakan ini?

Penyebab Baby Blues Syndrome

1. Hormonal

Penyebab dari baby blues syndrom terdiri dari beberapa hal.

Yang pertama, Hal ini dikarenakan hormon. Perubahan hormon pada orang yang baru saja melahirkan sangatlah drastis. Perubahan Hormon pada ibu 

2. Kurang Tidur dan Rasa Lelah

Biasanya bagi ibu yang baru melahirkan sangatlah lelah dan membuat badan capek, biasanya lelah menyebabkan perubahan mood pada ibu yang baru mealhirkan

3. Pemberian Asi

Hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan akan berkurang, dan hormon lainnya yang diperlukan untuk memproduksi ASI akan meningkat. 

Semua ini akan memberikan efek yang besar dari segi emosional. Apalagi jika ASI dari ibu tidak langsung keluar

4. Bertambahnya Tanggung Jawab

Ditambah dengan adanya tanggung jawab baru untuk merawat bayi, merawat dan kesadaran bahwa hal baru ini akan membawa perubahan. 

Tidak heran beberapa wanita sedikit kewalahan dengan perubahan ini. 

Apasih Tanda-Tanda Baby Blues?

Cara Melawan Baby Blues

Pada dasarnya baby blues syndorme merupakan keadaan yang berlangsung sementara. Keadaan ini akan hilang dengan sendirinya.

Biasanya hanya terjadi selama beberapa jam atau 1- 2 minggu pasca melahirkan berbeda setiap orang. 

Tetapi harus tetap diawasi dan mencoba ditangani karena jika keadaan ini terus berlanjut bisa berubah menjadi keadaan menjadi Post Partum Depression atau PPD atau depresi pasca melahirkan. 

1. Self Compassion

Banyak orang yang merasa menjadi ibu bukanlah hal yang mudah, tapi dengan banyak ibu merasa mereka menjadi ibu yang malu dengan merasa seperti itu.

Padahal nyatanya hampir semua orang akan merasa seperti itu dan merupakan hal yang wajar jika kamu merasa lelah dan ingin beristirahat.

Ingatlah bahwa hampir 50 % wanita yang baru melahirkan merasakan hal yang sama seperti kamu dan kamu tidaklah sendiri.

 Coba lah untuk berbicara dengan diri sendiri bahwa ini merupakan hal yang wajar yang dirasakan ratusan juta perempuan diluar sana

2. Take a Deep Breath

Tarik nafas yang panjang dan hembuskan. Memang terlihat sederhana tetapi jika kamu mencoba istirahat sambil mengatur nafasmu pasti pikiranmu akan terasa lebih relax. 

Kamu juga bisa melakukan ini bersama dengan pasanganmu loh.

Luangkan waktu untuk istirahat, tarik nafas dalam dalam dan hebuskan. 

Lakukan meditasi dan yoga Jika memungkinkan karena dengan ini kamu bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menjernihkan pikiran kamu

3. Be Social

Ceritakanlah apa yang kamu rasakan dengan teman terdekatmu, saudara, pasangan, orang tua. 

Atau kamu bisa bercerita dengan orang yang lebih berpengalaman seperti psikolog.

 Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial, jadi dengan bercerita kamu bisa mebagi bebanmu dna meminta saran dari orang yang kamu percaya. 

Ikutlah komunitas yang sering membahas hal-hal tetang ibu dan Anak agar kamu lebih percaya diri dan merasa tidak kesepian.

 

Baca Juga: Curhat ke teman? penting ga sih?

4. Berterimakasih pada diri sendiri

Ingatlah untuk berterimakasih kepada diri sendiri. Tulis dalam jurnal apa yang kamu rasakan dan hal – hal yang kamu syukuri. Hal sederhana ini dapat membantu kamu merubah prespektif kamu menjadi positive. 

Dengan membuat jurnal kamu jadi bisa keep in track hal-hal baik yang telah kamu lakukan selama mengandung, melahirkan dan menjadi ibu.

Mengandung selama 9 ulan dan melahirkan bukanlah tugas yang.mudah and you did a great job, jadi jangan lupa memberi apresiasi buat diri sendiri yaa

5. Ingatlah hal-hal yang penting dalam hidup kamu

Jangan lupa untuk mengingat hal-hal yang penting seperti keluarga,teman dan kesehatan kamu ya. 

Tuliskan lah hal-hal yang kamu cintai dari diri kamu dan hal-hal yang dapat membuat kamu bahagia.

 Luangkan juga waktu dengan pasangan kamu agar kamu tetap bahagia ya

Nah inilah langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baby blues syndrome. 

Tetapi Jika keadaan ini berlangsung lebih dari 2 minggu Jangan lupa untuk mencari pertolongan ke psikolog atau ceritakan kepada pasangan kamu ya.