Cara Bangun Pagi Dengan 10 Langkah​

cara bangun pagi

Cara Bangun Pagi Dengan 10 Langkah​

Untuk beberapa orang, bangun pagi adalah hal yang sangat susah dilakukan. Padahal manfaat bangun pagi sangatlah banyak. Biasanya, orang yang seperti itu memiliki masalah saat ingin tidur. Baik itu berusaha ingin tidur cepat tapi tidak bisa, maupun begadang dengan sengaja. Simak ulasan berikut tentang cara bangun pagi dengan 10 langkah.

cara bangun pagi

cara bangun pagi

Kesulitan untuk bangun pagi lebih awal tanpa ngantuk saat matahari belum terbit dan hari masih gelap juga sangat susah dilakukan. Makanya, banyak yang mencari tahu cara bangun lebih awal. Tapi juga, banyak yang tak ingin bangun pagi karena faktor kemalasan.

Dilansir dari artikel Healthline tentang How to Train Yourself to Wake Up on Time in The Morning, susah bangun bukan hanya dipengaruhi oleh kebiasaan malas dan suka tidur, tapi juga karena faktor gaya hidup, kondisi kesehatan, maupun obat-obatan. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi seseorang susah bangun pagi.

  1. Kekurangan Tidur, menyebabkan buruknya kualitas tidur.
  2. Stress dan cemas, yang dapat mengganggu seseorang untuk tidur.
  3. Depresi
  4. Tidur siang yang berlebihan.
  5. Pekerjaan yang membuat lembur di malam hari.
  6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  7. Mengonsumsi alkohol dan rokok, dll.

Berapa lama kita harus tidur?

Dalam sebuah artikel dari Sleep Foundation, dalam artikelnya yang berjudul “How Much Sleepy  Do We Need?”, dijelaskan bahwa orang yang berusia 18 tahun hingga 25 tahun membutuhkan waktu tidur kurang lebih selam 7-9 jam perharinya (ini rekomendasi total tidur pada malam hari)

Bagaimana cara cepat bangun tidur di pagi hari?

Jika kamu termasuk orang yang susah bangun pagi, berikut cara yang dapat kamu lakukan agar cepat bangun dengan 10 langkah.

Berniat kuat untuk bangun lebih awal

Niat bangun lebih awal bisa dimulai dengan mengetahui manfaat bangun pagi. Bangun pagi dapat membuatmu lebih bahagia, karena bisa memulai persiapan terlebih dahulu, berolahraga, ataupun melakukan aktivitas lebih awal dan istirahat lebih awal pula.

Sigmun Freud, seorang pakar psikoanalisis menuturkan bahwa manusia memiliki 2 kehendak, yaitu kehendar sadar dan alam bawah sadar. Alam bawah sadar terjadi secara reflektif, seperti jika kita habis menonton film dengan genre horror dan membuat kita bermimpi horror juga seakan-akan kita berada dalam adegan film tersebut.

Tentu saja, manfaat tersebut bisa kamu jadikan sebagai alas an untuk bisa bangun lebih pagi.

Tidur lebih awal pada malam hari

Karena kadar normal seseorang untuk tidur dalam semalam adalh 7-9 jam, maka dari itu tidurlah lebih awal. Hindari begadang yang tidak ada gunanya. Dengan seperti itu, kamu akan bisa bangun lebih cepat tanpa membutuhkan alarm.

Rencanakan tidur lebih awal agar pekerjaan-pekerjaan bisa dituntaskan segera. Jangan sampai pekerjaanmu yang menjadi hambatan untuk tidur terlambat. Untuk membiasakan tidur cepat, mulailah untuk menghindari aktivitas yang berat sebelum tidur.

Matikan lampu saat tidur

Cepat tidaknya kamu bangun di pagi hari dipengaruhi olehkualitas tidur. Hindari untuk menatap layar handphone, laptop, TV, dan gadget lainnya sesaat sebelum ingin tidur. Kegiatan yang terlalu lama di depan laptop pada malam hari akan membuatmu susah terlelap.

Lampu kamar juga diusahakan untuk dimatikan, atau nyalakan lampu tidur saja untuk penerangan yang remang.

Menyalakan lampu saat bangun tidur

Segera nyalakan lampu ketika bangun agar tubuh menyadari perpindahan momen dari lelapnya tidur ke momen bangun pagi. Jika kebiasaan ini konsisten dilakukan tiap hari dapat membuat pola tidur kamu akan normal dan sehat.

Cahaya dari lampu ini fungsinya untuk menandakan kalau saatnya bangun dan gak boleh tidur lagi. Godaan untuk tidur kembali saat sudah bangun itu besar. Menyalakan lampu adalah salah satu solusinya.

Segera keluar kamar saat bangun

Setelah menyalakan lampu, jangan sampai kamu tertidur kembali. Cobalah kebiasaan untuk keluar kamar setelah bangun tidur. Segara mencuci muka dan membuat kopi hangat. Itu akan membuat kamu lebih segar.

Merencanakan agenda saat malam

Sebelum kamu tidur, buatlah rencana kegiatan untuk esok hari. Pernah dengar kutipan bahwa “gagal merencanakan artinya merencanakan kegagalan”?. Hal itu juga berlaku pada konteks ini.

Kamu perlu merencanakan bangun lebih awal untuk mengerjakan agenda saat hari itu. Dengan memiliki tujuan dan alas an untuk bangun pagi lebih awal, akan membuat kamu lebih kuat untuk bangun.

Misalnya, kamu jogging setelah bangun pagi, kemudian membuat sarapan di pagi hari. Hal ini akan mencegahmu untuk kembali tertidur.

Jauhkan alarm dari jangkauan

cara bangun pagi

cara bangun pagi

Cara ini unik tapi manjur juga untuk kamu coba. Buat diri kamu untuk susah menjangkau alarm ini di pagi hari. Kalau letak alarm jauh dari tempat tidur, itu akan membuat kamu terpaksa bangun dan berjalan untuk mematikan alarma yang berbunyi berisik di pagi hari.

Karena jika alarm itu kamu simpan di samping bantal, itu akan memudahkanmu tidur kembali.

Bangun pagi saat hari libur

Memang bangun di siang hari saat weekend atau hari libur sungguh enak. Tapi itu akan menghancurkan habit bangun lebih awal yang sudah kamu lakukan selama 5 hari sebelumnya. Terapkan jadwal tidur yang tetap pada hari libur.

Banyak ahli yang sepakat kalau kamu memperhatikan ritme tidur kamu, itu akan meningkatkan kualitas tidur.

Evaluasi siklus tidur mingguan

Semua yang kamu lakukan diatas, bisa kamu evaluasi ditiap minggunya. Misalnya, apa yang membuat kamu susah tidur di hari sebelumnya, apa yang membuat kamu untuk tidur berlebihan saat siang hari.

Coba cek apa yang kamu rasakan setelah membangun habit untuk bangun lebih awal. Jika terus menerus gagal, cobalah cari metode lain yang pantas untuk kepribadian kamu. Tapi jika metode itu bekerja, pertahankan, dan jangan membuat habit baru yang negatif.

Konsultasi ke dokter

cara bangun pagi

Namun jika kamu sudah evaluasi dan belum mendapatkan metode yang cocok, mintalah pertolongan professional dalam hal ini. Seorang dokter atau psikolog bisa membantu kamu menghadapi masalah susah bangun tidur.

Jangan menganggap hal seperti ini remeh. Karena pola tidur akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup dan karir kamu.

Gak maukan karir kamu berantakan?