Cara Mencintai Diri Sendiri Yang Perlu Kamu Lakukan Setiap Hari

cara mencintai diri sendiri

Cara Mencintai Diri Sendiri Yang Perlu Kamu Lakukan Setiap Hari

cara mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri memang cukup susah untuk dilakukan. Apalagi, mencintai diri sendiri cukup sulit dilakukan bila dibandingkan dengan mencintai orang lain. Hal itu karena memang sulit untuk mengetahui apa yang dimiliki oleh diri sendiri, apalagi hanya fokus pada kekurangan diri sendiri dibandingkan potensinya. Jadi, wajar saja jika banyak orang yang tidak tahu cara mencintai diri sendiri.

Table of Contents

Mencintai diri sendiri tidak perlu melakukan hal yang mempersulit diri sendiri. Kamu bisa memulainya dengan kebiasaan-kebiasaan yang paling mudah, sehat, dan yang paling sederhana.

Self love atau mencintai diri sendiri bukanlah sebuah keegoisan dan memiliki sikap narsis yang berlebihan. Tapi, kamu menerima segala kekurangan dan kelebihan dengan hati yang terbuka, dengan berlapang dada, dengan meninggikan hati, tanpa ada yang tertutupi. Dengan lebih singkat, kamu menerima semuanya tanpa syarat apapun.

Belajar Cara Mencintai Diri Sendiri

Self love artinya memberikan apapun yang untuk oleh diri sendiri dan berusaha untuk memenuhinya kapanpun. Pada intinya, kamu lebih mempriortaskan diri sendiri dibanding orang lain. Bukan berarti egois, tapi melakukannya tanpa melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Jujur pada diri sendiri dan tidak berusaha membohongi diri.

Dengan cara setulus hati, kamu bisa mendapatkan banyak  manfaat, seperti terbebas dari tekanan sosial karena tidak tendensi untuk membandingkan diri dengan orang lain. Kamu dapat fokus untuk membangun dan mengembangkan diri sendiri menjadi lebih sehat secara fisik dan mental.

Kesehatan fisik dan mental adalah wujud dari sikap self love. Dari kesehatan tersebut, terbentuk kehidupan yang nyaman, tentram, bahagia dan merasa aman. Kehidupan yang lebih baik juga tercipta karena kepercayaan diri meningkat, sehingga taraf hidup meningkat pula.

Stephani Kang, seorang psikolog menuliskan tanggapannya dalam website Healthline bahwa pentingnya menjalin hubungan harmonis dengan diri sendiri dapat membantu untuk menjaga hubungan harmonis dengan orang lain seperti keluarga dan pertemenan.

Agar bisa mencintai diri sendiri, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti!

1. Merutinkan Meditasi Mencintai Diri Sendiri

Meditasi dapat dilakukan untuk mendapatkan ketenangan ketika pikiran sedang tidak menentu dan hidup penuh tekanan. Meditasi juga cukup mudah dengan modal ruang yang nyaman dan waktu senggang.

Kamu bisa melakukannya dengan mulai menutup mata, melakukan pernapasan dengan tenang dan konstan. Lakukan meditasi ini setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang terasa bagi kesehatan fisik maupun mental.

2. Penuhi Kebutuhan Diri

Kebutuhan diri baik itu fisik, mental, dan rohani perlu tercukupkan. Contohnya dengan memberikan istirahat cukup bagi tubuh yaitu kurang lebih 7-8 jam tidur di malam hari, mengonsumi pola makan dan pola hidup yang sehat, rutin melakukan olahraga, serta menjalankan ibadah secara rutin sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Selain hal tersebut, prioritaskanlah hal-hal yang bisa membuatmu bahagia tiap harinya. Jangan lupa tersenyum sebelum memulai hari.

3. Menerima Kekurangan dan Kelebihan Diri

Stephanie Kang memberikan nasehat untuk lebih sering mengetahui kapasitas diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Terimalah segala kelebihan dan kekurangan tersebut. Dengan menerimanya, tidak perlu lagi ada rasa insecure dalam diri dan rasa membanding-bandingkan dengan orang lain

4. Memiliki Lingkungan Yang Positif

Energi positif itu bisa ditransferkan dari satu orang ke orang lain. Cara mencintai diri sendir itu salah satunya memberikan lingkungan pertemanan yang positif, saling menyayangi, saling mencintai, saling menukar support dan pertolongan, serta saling membantu dalam perkembangan diri masing-masing.

Dalam suatu pertemanan yang saling bertukar energi positif dapat memberikan rasa bahagia dan akan selalu dijalani dengan canda tawa.

5. Kurangi Konsumsi Konten Negatif

Konten-konten di media sosial yang mengandung informasi negative, seringkali membuat hidup kamu berantakan mood-nya. Menurut tuturan dari Stephanie Kang, berita-berita negatif seperti kejahatan, kekerasan, keributan, saling cibir-mencibir membuat kita merasa terbebani.

Hindari untuk membuka medsos di pagi hari untuk mengurangi konsumsi konten negatif. Mengurangi konten negatif juga bisa terkurangi dengan hanya mengikuti akun media sosial yang menyediakan konten-konten yang positif, memberikan rasa bahagia ketika terkonsumsi, dan memberikan rasa semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Menjalani Hobi

Tentu saja melakukan hobi dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan tersendiri bagia setiap orang tergantung pada hobi yang dimiliki. Apapun hobi itu, seperti bermain game, membaca buku, menulis puisi, menggambar, melakukan olahraga, berorganisasi, maupun hal-hal positif lainnya.

Menjalani hobi juga sangat efektif bagi yang suntuk dengan pekerjaannya sepanjang hari. Hobi dapat menjadi penghibur yang untuk aktivitas-aktivitas saat hari-hari libur maupun di akhir pekan sesuai dengan jadwal luang masing-masing.

7. Berkata “Tidak”

cara mencintai diri sendiri

People pleaser kadang-kadang sering mengalami penyesalan karena mengonfirmasi dan tidak pernah menolak permintaan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan menumpuknya tugas dan kewalahan sendiri.

Memang tidak salah jika menerima pertolongan orang lain, tapi jika terus-menerus dan berlebihan juga akan menyakiti diri sendiri. Semuanya akan menjadi buruk jika sudah diluar kendali.

8. Mengabaikan Perkataan Orang Lain

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, pasti ada saja yang mengomentari apa yang sedang dijalani. Apalagi hal-hal tersebut mengomentari hal-hal pribadi dalam hidup sehingga menyakiti hati. Memang tidak mudah untuk tidak memasukkan perkataan tersebut ke dalam hati. Terlebih lagi bagi orang yang super sensitif dan baperan yang juga cukup menyusahkan.

Jika tidak bisa mengabaikan perkataan orang lain yang buruk-buruk, hati akan terasa sedih, marah, ataupun kecewa. Coba menanamkan sebuah prinsip bahwa hidup ini adalah hidup yang semuanya berada dalam kontrol kamu. Kamu juga perlu mengerti bahwa kamu tidak bisa mengontrol ucapan orang lain, baik itu hal buruk maupun hal baik.

Kamu juga orang biasa yang tidak luput dari kesalahan dan tidak bisa membahagiakan semura orang. Mereka yang mengatakan hal-hal buruk belum tentu lebih baik dari kamu.

9. Luangkan Waktu Berlibur

Bentuk cara untuk mencintai diri sendiri adalah berlibur. Orang-orang di media sosial sering menyebutnya dengan self reward. Karena pada dasarnya, kelelahan bukan hanya soal fisik, tapi juga batin.

Manfaatkan jatah cuti kantor untuk melakukan liburan ke tempat-tempat wisata ataupun hanya sekadar staycation di hotel unik nan lucu-lucu. Aktivitas sehari-hari juga bisa bikin penat. Ajak keluarga maupun sahabat terkasih untuk ikut serta dalam liburan itu.

Selain jiwa kamu fresh, liburan juga akan menyebabkan sensasi untuk siap melanjutkan aktivitas baru. Manjakanlah diri dengan berlibura di sela-sela aktivitas yang bikin penat ini.

10. Belajar Mengendalikan Emosi

Sebenarnya, meluapkan emosi itu bukanlah hal yang negatif. Akan tetapi, jika tidak pada tempatnya, emosi yang diluapkan akan berdampak buruk. Marah, menangis, dan emosi lain yang berstigma negatif bisa saja diluapkan, tapi dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan. Luapkanlah kemarahan dengan marah, bukan marah-marah. Luapkanlah kesedihan dengan menangis, bukan menjadi cengeng.