Cara Meningkatkan Percaya Diri Dengan 10 Langkah

cara meningkatkan percaya diri

Cara Meningkatkan Percaya Diri Dengan 10 Langkah

Rasa percaya diri sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Kepercayaan diri tersebut dibutuhkan dalam mengambil keputusan, menentukan langkah, serta bertindak. Bebagai macam cara meningkatkan rasa percaya diri ditempuh banyak orang untuk meningkat kualitas hidupnya.

Tak sedikit orang yang memiliki masalah kepercayaan diri. Sering sekali hal tersebut disebabkan oleh kejadian di masa lalu yang gagal dan membuat diri orang tersebut menjadi minder dan takut untuk melangkah.

Masa lalu yang dimaksud seperti pelecehan secara fisik maupun emosional, keluarga yang tidak suportif, hal-hal negatif lainnya yang terjadi di masa lampau.

Dampak hilangnya rasa percaya diri berakibat buruk pada cara kita bersosialisasi dan berteman. Orang yang tidak percaya diri akan selalu minder dan susah untuk bergaul dan mencari teman.

Berikut ini 10 langkah yang perlu kamu tempuh untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk membentuk kualitas hidup yang lebih baik dan lebih tangguh.

1. Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Diri

Mengetahui bakat diri dapat menjadi awal kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tidak perlu ada keinginan untuk mendapatkan pujian, tapi hal itu untuk membuat kamuy akin dengan diri sendiri.

Mengenal kekurangan diri bukan untuk meratapinya, tapi justru untuk menguatkan mental untuk tetap berjuang. Percayalah kalau setiap orang sedang berjuang dan berusaha untuk menjadi lebih baik dari setiap kekurangan yang dimilikinya.

Misalnya, kelemahan kamu adalah malu untuk berbicara di depan umum. Cara menguranginya adalah dengan berbicara di depan umum.


Bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti bertanya di kelas jika tidak mengerti. Jangan malu untuk bertanya di dalam kelas yang besar. Itu bisa menjadi awal kamu untuk tidak malu lagi berbicara di depan umum.

cara meningkatkan percaya diri
cara meningkatkan percaya diri

2. Berpikir Positif

Pikiran yang positif tentu saja membuat aura kamu semakin terlihat positif. Kepercayaan diri akan datang pada orang yang memiliki pikiran yang jauh dari hal-hal yang negatif seperti kecemasan anak komentar dan omongan dari orang lain.

Pikiran-pikiran positif akan datang dari lingkungan yang positif juga. Pilihlah teman yang tidak mengantarkan kamu ke hal-hal negatif atau toxic relationship. Cara meningkatkan percaya diri juga diiringin dengan pikiran yang positif.

3. Fokus Pada Hal Yang Kamu Suka

Ikutilah kata hati untuk melakukan apa yang kamu sukai. Mengikuti kata hati akan menambah rasa percaya diri kamu. Kamu akan memiliki kekuatan tambahan dan tidak akan terdistraksi oleh komentar orang lain untuk berkembang menjadi pribadi yang baik.

4. Berhenti Membandingkan

Kamu perlu paham kalau setiap orang di dunia ini dilahirkan dengan karakter, kelebihan, bakat, maupun kekurangannya masing-masing. Membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang sia-sia. Apa yang kamu lihat dari diri orang lain juga belum tentu nyata.

Media sosial tentu saja mempertegas banyak orang untuk mengkomparasikan hidupnya dengan orang lain. Padahal membandingkan bukan hal yang baik untuk mengukur pencapaian kita.

5. Belajar Memaafkan

Terus menerus menyalahkan diri atas kesalahan di masa lalu itu tidak baik. Hal tersebut malah akan menghambat kita menjadi orang yang positif. Cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain. Memaafkan akan membuat dada kita menjadi lebih lapang. Dan kamu juga bisa lebih fokus untuk menata hidup menjadi lebih baik.

6. Pola Makan Sehat dan Olahraga

cara meningkatkan percaya diri
cara meningkatkan percaya diri

Faktor yang paling banyak menyebabkan rasa percaya diri adalah tubuh dan berat badan yang tidak ideal. Sebenarnya, standarisasi seperti ini di masyarakat juga tidak baik, tapi inilah yang terjadi.

Mulailah atur pola makan yang bergizi dan menyehatkan. Hal itu juga bisa diikuti dengan berolahraga yang rutin. Selain membentuk tubuh dan berat yang ideal, mengonsumsi makanan yang menyehatkan juga akan menambah pikiran yang lebih positif. Begitupun dengan berolahraga, peredaran semakin lancar mengalir ke otak, dan bisa menjadi ajang silaturahmi dan bersosialisasi dengan teman-teman. Maka dari itu, pola makan sehat dan berolahraga adalah salah satu cara meningkatkan percaya diri.

7. Murah Senyum

Kamu juga suka kan dengan orang yang suka tersenyum? Siapa yang suka dengan orang yang wajahnya muram terus? Cobalah untuk selalu menebar senyum dan menyapa orang-orang di sekeliling kamu.

Kebaikan dan hal-hal positif sering berawal dari sebuah senyuman. Hal ini juga bisa mendapatkan perhatian positif dari lingkungan kamu dan menambah rasa percaya diri.

8. Memilah Perkataan Orang Lain

Sering terjadi rasa kepercayaan diri datang dari komentar dan perkataan negatif dari orang lain. Salah satu langkah meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan tidak memikirkan komentar orang lain.

Saringlah omongan orang dengan memilah mana yang baik untuk diterima oleh diri sendiri.

9. Tambah Wawasan

Kepercayaan diri dapat dipupuk dengan mengetahui banyak hal. Ketika kita memiliki pengalaman dan wawasan yang beragam, atensi akan dating dengan sendirinya.

Banyaknya pengetahuan yang diketahui juga akan mempermudah kamu untuk bergabung dalam suatu kelompok masyarakat. Maka dari itu, jangan berhenti untuk membaca buku, belajar, serta meningkatkan wawasan.

Wawasan tersebut juga akan berguna untuk meniti karir dan mencapai tujuan bisnis kamu. Semakin sering kamu belajar, kamu akan semakin percaya diri. Kamu juga akan semakin tegas untuk mengambil langkah selanjutnya, serta terhindar dari keraguan. Sampai nanti, kamu lebih sukses dengan kehidupan yan gblebih berkualitas.

10. Selalu Menambah Teman Baru

Karakter teman yang baru dan berbeda akan memberikan perpektif yang berbeda pula saat berteman. Persepektif tersbut bisa menambah wawasan kamu. Semakin banyak kamu berteman, kepercayaan diri akan semakin meningkat.

Kadang-kadang rasa tidak percaya diri datang karena merasa kesepian tidak memiliki teman untuk cerita. Tapi, jangan sampai kamu mendapatkan teman yang toksik yang malah menambah sisi-sisi negatif di lingkungan kamu.