Ciri-ciri Depresi Yang Harus Kamu Perhatikan

ciri-ciri depresi

Ciri-ciri Depresi Yang Harus Kamu Perhatikan

Pengertian Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan pada emosi seseorang. Pada umumnya, ciri-ciri depresi tanpa tersadari mereka merasakan sedih, merasa kehilangan, merasakan marah yang mengganggu aktivitas seseorang.

Karena depresi bukanlah hanya sekadar keadaan sedih atau merasa hal-hal yang sedih dan muram.

Table of Contents

ciri-ciri depresi

Kelainan kesehatan mental seperti depresi biasanya terjadi karena beberapa macam gejala. Gejala-gejala tersebut dapat menyerang perasaan kamu, maupun menyerang secara fisik. Bisa juga terjadi secara berkelanjutan, bisa juga terjadi dengan datang dan pergi.

The Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa 8,1% orang di Amerika berusia minimal 20 tahun mengalami depresi selama periode 2 minggu. Ciri-ciri depresi kambuh pada seseorang dapat terjadi karena berbagai hal.

Penyakit mental yang satu ini tidak mengenal gender, tidak mengenal usia juga. Tapi kebanyakan, secara umum gejalanya banyak diekspresikan oleh perempuan yang berusia remaja. Makanya, pada usia-sia quarter life, banyak terkena gangguan kesehatan mental seperti ini.

Ciri-ciri Depresi

Ciri-ciri Psikologi Depresi

Maka dari itu, organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) menjadikan depresi sebagai penyakit nomor 4  dunia. Berikut adalah ciri-ciri depresi yang menyerang sisi psikologi manusia, antara lain.

  1. Selalu dibebani rasa bersalah
  2. Menyalahkan diri sendiri
  3. Merasa tidak berharga
  4. Merasa cemas yang berlebihan
  5. Kehilangan semangat untuk beraktivitas
  6. Merasakan kehilangan gairah seksual
  7. Cepat marah
  8. Sensitif terhadap sesuatu
  9. Mudah menangis
  10. Gampang terdistraksi dan sulit untuk berkonsentrasi
  11. Apatis terhadap lingkungan sekitar
  12. Demotivasi
  13. Timbul keinginan untuk bunuh diri
  14. Kesulitan mengerjakan tugas
  15. Insomnia yang berkelanjutan
  16. Sering pusing
  17. Merasa kurang berselera untuk makan
ciri-ciri depresi

Ciri-ciri Fisik Depresi

Sedangkan ciri-ciri depresi yang menyerang fisik adalah sebagai berikut.

  1. Badan semakin kurus karena tidak berselera untuk makan
  2. Merasa tidak bertenaga dan selalu Lelah
  3. Sering ngantuk pada pagi hari
  4. Pusing tidak jelas penyebabnya
  5. Cara bicara lebih lambat

Tentu saja gejala yang terjadi pada tiap penderita akan berbeda tergantung kondisi orang tersebut. Ketika kamu sudah merasakan beberapa gejala tersebut, aktivitas sehari-hari akan terganggu, dan orang-orang lain yang  bisa jadi akan ikut merasakan dampaknya. Apalagi jika sudah merasakan gejala dan ciri-ciri depresi berat, badan rasanya tidak mampu untuk melakukan aktivtias dalam sehari dan tidak ada energi untuk menjalin hubungan sosial.

Jenis-jenis Depresi

Ciri-ciri depresi pada seseorang dapat menyebabkan penyakit depresi sesuai dengan tingkat keparahan gejala. Berdasarkan penelitan dari Healthline dalam artikel Everything You Know About Depression, jenis-jenis depresi dapat terbagi sebagai berikut, antara lain:

Depresi Mayor

Jenis ini terkenal dengan perasaan tidak semangat atau tidak termotivasi untuk beraktivtias yang berkelanjutan selama kurang lebih 2 pekan. Selama itu, penderita akan merasa sedih, kehilangan ketertarikan, dan gejala-gejala stress lainnya.

Kamu juga akan merasa tertekan, banyak tidur ataupun tidak bisa tidur, kehilangan konsentrasi, dan berpikiran untuk bunuh diri

Depresi Distimia

Distimia merupakan jenis depresi yang lebih ringan tapi juga lebih kronis. Biasanya penderita merasakan gangguan kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari, merasa putus asa, kurang produktivitas, dan tidak menghargai diri.

Depresi distimia ini lebih berat dari depresi mayor karena durasi penderitaan yang lebih lama. Makanya penyakit distemia lebih kronis.

Gangguan Bipolar

Gangguan mental berupa gangguan bipolar lebih terjadi pada orang yang mempunyai kepribadian ganda. Hal itu terjadi karena penderita bipolar yang merasakan terjadinya perubahan perasaan dan emosi yang terjadi secara drastis. Ketika dia merasa sangat senang, beberapa saat kemudian, dia akan merasa sangat sedih saat mengalami gangguan bipolar.

Kapan Harus Menghubungi Psikolog?

Hubungi tim ahli professional jika kamu sudah merasakan ciri-ciri depresi yang sudah memberatkan fisik dan emosimu. Semakin kamu menyegerakan pencegahan maupun pengobatan, semakin cepat pula ciri-ciri depresi ataupun gejalanya dapat tertangani. Karena keterlambatan penanganan juga akan mengakibatkan komplikasi.

Segera minta pertolongan jika ada teman kamu atau diri kamu sendiri yang bisa saja mencelakakan orang lain atas apa yang kamu rasakan. Karena penderita depresi seringkali tidak merasakan kesadaran atas apa yang sedang terjadi.