Ciri – Ciri Psikopat Yang Harus Kamu Ketahui

ciri - ciri psikopat

Ciri – Ciri Psikopat Yang Harus Kamu Ketahui

ciri - ciri psikopat

Table of Contents

Teman Rehat, kamu pasti pernah mendengar kata Psikopat kan? Yup Psikopat merupakan gangguan kepribadian yang mengganggu seseorang di berbagai rentang umur. Gangguan ini bisa terjadi kepada siapa saja dan pastinya sangat membahayakan lingkungan sekitar ya! Sebenarnya, apa sih arti dari Psikopat itu sendiri? Psikopat merupakan seseorang yang mengalami gangguan kepribadian, dimana mereka yang terkena gangguan ini sering sekali memakai kepribadian palsu untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Biasanya orang yang dikategorikan sebagai Psikopat adalah orang yang berperilaku kasar, manipulatif, tidak sensitif, dan juga anti sosial. Ciri – ciri Psikopat sangatlah banyak, beberapa akan Salurehat info kan ke kalian ya.

Menurut para ahli Psikologi, Psikopat termasuk pada gangguan kepribadian anti social, atau sering disebut Anti Social Disorder atau ASD. Beberapa dari para ahli menyebut, Psikopat dan ASD adalah gangguan kepribadian yang sama, tetapi ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa psikopat merupakan ASD dengan tingkat yang lebih parah. Psikopat merupakan bagian dari gangguan kepribadian yang termasuk dalam kelompok B yaitu, dimana gangguan kepribadian yang di tandai dengan perilaku emosional yang tak terkendalikan yang sangan mengganggu relasinya dengan orang lain. Orang – orang yang mengalami gangguan ini, biasa dikaitkan dengan perilaku criminal dan cendrung melakukan tindak krimila yang membahayakan.

Adapun orang yang berada pada kondisi psikopat, pada umumnya mereka adalah orang yang sangat manipulative guna mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Mereka mempelajari bagaimana meniru emosi yang dirasakan oleh orang lain, padahal mereka sendiri tidak pernah merasakan emosi tersebut, dan mereka saat menirunya akan tampak seperti orang normal. Bahkan kebanyakan dari mereka menunjukan kepribadian yang hangat dan mempesona agar bisa mengelabui korbannya. Kebanyakan psikopat juga merupakan orang yang anti social, dimana mereka enggan untuk bersikap ramah ke semua orang dan lebih suka untuk menyendiri. Kebanyakan orang yang terkena gangguan ini merupakan orang yang memiliki iq diatas rata – rata, dan tergolong pintar lho.

Banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa orang disekitarnya merupakan penderita gangguan kepribadian psikopat ini, dikarenakan mereka sangat bisa untuk menutupinya. Ditambah lagi penderita psikopat adalah orang yang sangat pintar, memiliki pekerjaan yang jelas, Pendidikan yang tinggi, dan tentunya mereka memiliki pasangan seperti orang normal pada biasanya. Tapi, meski begitu orang psikopat sebenarnya tidak memiliki empati dan tidak peduli dengan perasaan orang terdekatnya. Karena itulah mereka banyak melakukan kebohongan, kekerasan, bahkan tindak criminal yang bisa menghilangkan nyawa seseorang tanpa merasa bersalah.

Penyebab Psikopat

Psikopat merupakan gangguan kepribadian yang tentunya tidak datang tiba tiba pada penderitanya. Pasti ada sesuatu yang menyebab kan penderitanya mengalami gangguan kepribadian ini. Sebenarnya belum ada penelitian yang valid menyebutkan penyebab dari gangguan kepribadian ini, tetapi Tidak hanya factorketurunan dari gen , gangguan ini juga dapat datang dari keluarga yang tidak harmonis, Pelcehan yang di terjadi padanya saat masih kecil, kekerasan dalam rumah tangga, bullying dan masih banyak lagi. Psikopat sendiri lebih banyak menyerang kaum pria dibanding kan dengan kaum wanita.

Banyak juga dari penderita psikopat ini, dikarenakan mereka mengalami kecanduan alcohol dan narkotika. Efek yang diberikan oleh alcohol dan narkotika sangatlah berbahaya ya Teman Rehat, karena tidak hanya merugikan diri sendiri, melainkan merugikan orang lain di sekitarnya. Ciri – ciri psikopat yang di tunjukan sangat beragam tetapi sangat mudah untuk di ketahui.

Gejala dan Ciri – Ciri Psikopat

Dalam dunia medis, seorang professional tidak akan mendiagnosis seseorang dengan kata psikopat, melainkan dengan kata gangguan kepribadian anti social. Cri – ciri psikopat yang paling umum adalah seseorang yang suka melanggar peraturan. Orang tersebut biasanya susah untuk diatur dan mentaati peraturan yang ada.

Karakteristik psikopat biasanya dapat di deteksi dari kecil lho Teman Rehat, dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala psikopat biasanya memuncak disaat penderitanya berusia remaja, di rentang usia 20 – an, yang terkadang bisa membaik di umur 40 an.

Para penderita ini biasanya terlihat normal seperti orang pada biasanya dan dapat bergaul di lingkungannya, padahal mereka menyembunyikan karakter yang berkebalikan dari yang mereka tampilkan. Makanya, kita harus tau bagai mana gejala dan ciri – ciri seorang psikopat dari sekarang agar kita bisa berjaga dan mengobati mereka jika mereka orang terdekat kita.

Berikut Ciri – ciri dari orang yang terkena gangguan psikopat.

1. Pandai Berbohong

Setiap psikopat mereka  pandai berbohong. Seorang ahli menyebutkan ciri – ciri psikopat adalah pandai berbohong dan selalu memutar balik kan fakta. Serta membuat kamuflase yang sangat rumit, menebar fitnah, untuk memuaskan dirinya dan mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri. Tidak seperti orang normal biasanya, mereka tidak takut jika kebohongan mereka diketahui, karena nantinya mereka akan membuat kebohongan lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Sekalinya mereka berbohong maka mereka tidak akan berhenti untuk selalu berbohong.

2. Memiliki Kecerdasan Di atas Rata – Rata

Penelitian dari berbagai ahli menyebutkan, ciri -ciri psikopat  adalah memiliki kecerdasan yang di atas rata – rata orang normal. Makanya ya mereka sering kali berbohong dan memanipulasi banyak orang. Biasanya pada usia 15 tahun, seorang psikopat telah menunjukan gejala gangguan kepribadian yang mereka alami. Seorang psikopat memiliki pengetahuan yang sangat luas dan menguasai berbagai topik obrolan. Apabila ada anak usia 3 tahun dan terlalu genius, di mana seharusnya anak seusia itu tidak mungkin segenius itu, maka ada kemungkinan kelak anak memiliki tanda psikopat dikemudian hari.

3. Licik dan Manipulatif

Psikopat adalah master dalami tiga hal ini : manipulasi, defleksi, dan tipuan.  Semuanya membantu mereka mempertahankan untuk selalu menjadi posisi nomor satu. psikopat sangat senang jika mereka  menerima pujian dari banyak orang, tapi bila ada yang tidak beres atau ketauan jika mereka berbohong atau berbuat suatu kesalahan, mereka mencari kambing hitam untuk membelokkan dan menyalahkan orang lain. Ciri – ciri psikopat yang satu ini tentunya sudah pasti ada pada diri penderitanya.

4. Tidak Mempunyai Rasa Penyesalan

Seorang psikopat, biasanya merasa dirinya selalu benar, serta ciri – ciri psikopat lainnya adalah  tidak memiliki kepedulian, tidak memihak, berhati dingin dan tidak memiliki empati ke sekitarnya. Maka dari itu, seorang psikopt tidak akan pernah peduli dengan penderitaan, perasaan, kerugian, rasa  sakit korbannya.

5. Percaya diri dan Arogansi Tinggi

Penderita psikopat biasanya selalu memandang dirinya sangat tinggi senhinggan mereka sangat percaya diri dan memiliki arogansi yang tinggi juga. Mereka sangat percaya jika dirinya memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding orang lain dengan begitu memiliki harga diri yang sangat tinggi. Salah satu ciri – ciri psikopat yang sejalan dengan ini adalah orang dengan kondisi ini percaya bahwa mereka adalah manusia yang unggul.

Dengan demikian, kami mengharapkan untuk Teman Rehat dapat berhati – hati jika bertemu dengan orang yang memiliki gejala seperti ini. Dengan mengetahui tentang psikopat, kita bisa menjaga diri kita dari ancaman para psikopat dan mungkin kita bisa membawa mereka ke tangan professional, seperti psikolog atau psikiater agar mereka dapat ditangani dan menyelamatkan mereka agar tidak terlalu dalam. Selalu berhati – hati pada sekitar ya Teman Rehat!