Curhat Ke Teman, Penting Apa Engga Sih??

curhat

Curhat Ke Teman, Penting apa Engga sih?

Table of Contents

curhat

Hai Teman Rehat! gimana hari – hari kalian? berjalan dengan baik kan? Salurehat berharap hari hari kalian menjadi hari hari yang sangat menyenangkan. Teman rehat, kalian pernah ga sih curhat gitu tentang keseharian kalian, kejadian yang sedang kalian alami atau perasaan yang kalian pendam, yang mungkin  tidak bisa kalian ungkap kan ke orang banyak. Menurut kalian  curhat ke teman, penting apa engga sih?

Manusia adalah makhluk sosial, dimana kita sangat saling membutuhkan satu sama lain. Curhat adalah salah satu kegiatan kita sebagai makhluk sosial untuk meringankan beban pikiran dan perasaan yang kita miliki. kita butuh seseorang untuk mendengarkan, juga memberi saran disaat kita terpuruk.

Banyak orang yang tidak bisa dengan gampang untuk mencurahkan isi hatinya, biasanya nih kamu yang introvert lebih suka memendam itu semua. Gimana, apa kalian nyaman untuk memendam itu semua? atau malah itu membuat kalian tertekan? tapi tidak sedikit pula, orang yang gampang banget curhat tentang kejadian yang mereka alami.

Sebenarnya, kenapa sih kalian susah sekali untuk curhat? apa karena kalian belum menemui sosok yang pas untuk menerima semua keluh kesah dan cerita kalian atau memang kalian belum nyaman saja sama mereka yang mungkin siap mendengarkannya? atau kalian memiliki Trust issue? berikut mengapa alas an banyak orang enggan untuk curhat :

Baca juga : Mengenal Generalized Anxiety Disorder (GAD)

1. Malu

Teman rehat, kita sering kali, melakukan hal yang mungkin menurut kita sangatlah memalukan, dan tentunya itu akan menjadikan beban pikiran kita. Apa lagi saat malam hari sebelum tidur ya, kita sering kali over thinking mengingat kejadian kejadian memalukan yang pernah kita lakukan. Ini tentunya sangat mengganggu kualitas tidur kita ya.

Nah, biasanya nih, kita kebanyakan over thinking itu karena kita hanya memendam pikiran buruk itu sendiri. Kita malu untuk menceritakannya ke teman kita, karna takut malah dijadikan bahan candaan. Tetapi ada baiknya ceritakan hal hal yang mengganggu pikiran kalian ya, supaya nanti sebelum tidur kalian ga over thinking!

2. Belum Menemukan Orang Yang Tepat

Kalian pernah ga sih, merasa memiliki banyak teman, tetapi kalian merasa belum ada yang tepat untuk menampung curhatan kalian? nah, banyak juga orang yang merakasan ini. Biasanya kalian merasa orang tersebut belum tepat karena, mereka tidak serius mendengarkan curhatan kalian, atau mereka hanya menghakimi tanpa memberikan solusi yang bisa kalian terima tentunya.

Memang ya, kalau mencari orang yang tepat itu susah banget. Tapi percaya deh pasti ada salah satu dari mereka yang bisa meyakinkan kaian untuk lebih terbuka. Atau kalian juga bisa kok curhat dengan orang yang lebih dewasa dari kalian.

3. Takut Di Cuekin

Nah, ini nih yang sering terjadi sama kita ya teman rehat! takut di cuekin. Karena setiap orang memiliki kesibukannya masing masing kan. atau ada beberapa orang yang hanya kepo dengan curhatan yang cuma menarik aja gitu.

Memang wajar kita piker begitu, tapi ada baiknya untuk kita singkirkan pikiran tersebut. Kita makhluk social ya saling membutuhkan, dan ada kala nya teman kita itu nantu butuh kita juga sebagai tempat curhat, jadi jangan takut untuk di cuekin ya.

4. Merasa Tidak Butuh

Banyak orang yang mengabaikan curhat. mereka merasa tidak butuh curhat karena mereka berpikir mereka bisa menyelesaikan itu semua sendirian tanpa bantuan seorang pun. Ada juga yang berpikir bahwa mereka masih memiliki mental yang cukup kuat untuk menghadapi itu semua.

Dari mereka, banyak juga yang salah perhitungan, ketika mereka merasakan mereka kuat untuk menghadapinya, padahal tidak, mereka sebenarna merasakan beratnya memendam itu semua. Itu tentunya tidak baik ya teman rehat untuk kesehatan mental kita. Karena sekuat kuatnya mental kita, kita masih butuh seseorang untuk menjadi teman cerita.

5. Punya Pengalaman Buruk

Kalian punya pengalaman buruk ga sih tentang curhat ke teman? beberapa dari kita mungkin punya trust issue ya, dimana kita sudah percaya banget sama teman kita, kita curhat, ceritakan segalanya ke dia, ehhh besok nya sudah tersebar luas. atau ada dari kita yang memiliki trauma, saat curhat, malah semakin dijatuhin, padahal ya kita hanya butuh didengarkan saja.

Ini balik lagi ke diri kita ya teman rehat, kita yang tau batasan sampai mana kita menceritakannya. Kita juga punya batas dan hak untuk mendengarkan balasan dari teman kita. jadi kalian harus tetap bijak ya saat curhat.

Baca juga : It’s Okay Not To Be Okay

Sebenarnya, Curhat itu apa sih?

Kepanjangan dari curhat adalah curahan hati. Ya Namanya curahan hati ya Teman Rehat, udah pasti ini adalah kegiatan menyalurkan unek unek kita selama ini. Ini bisa hal-hal yang kita alami, kita rasakan, kita lihat, dan masih banyak lagi. dan tentunya untuk mencari solusi dari itu semua.

Tapi, banyak juga yang curhat tujuannya bukan hanya untuk mencari solusi. Banyak juga dari kita yang curhat, hanya untuk di dengarkan, dan di tenangkan agar kita merasa lega. Apa lagi saat kita curhat tentang putus cinta, udh pasti kita Cuma butuh di dengar kan ya teman rehat, biar hilang itu unek – unek sama mantan, hehe.

 Menurut teman rehat, penting ga sih curhat itu? kalau bingung, ini salurehat beri mengapa curhat itu penting banget! :

1. Mengurangi Beban Hidup

Mengapa curhat itu penting? mungkin dengan curhat akan mengurangi beban hidup yang sedang kalian alami. Dengan berbagi cerita kepada orang terdekat kita, kita akan merasa lebih lega dan berkurang beban yang sedang kita hadapi.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat curhat yang ke dua adalah memperbaiki suasana hari. biasanya saat kita mengalami hari – hari yang buruk pasti suasana hati kita juga buruk dan berantakan. Dengan curhat ke teman yang sudah kita percaya kita meluapkan semua emosi yang kita rasakan dengan bercerita, dan di dengarkan dengan teman kita. Kegiatan ini tentunya akan memperbaiki suasana hati kita yang tadinya buruk menjadi lebih baik.

3. Positive Thinking

Dengan curhat, kamu bisa lebih memahami apa yang kamu rasakan berdasarkan pandangan dari teman curhat kamu. Mungkin kalian bisa evaluasi dari masukan masukan yang diberikan teman curhat kalian dan membuat kalian berfikir positive dari masalah tersebut.

Baca Juga : Pengertian Insecure dan Cara Mengatasinya