Drama Korea Bertema Psikologi Paling Bagus

Drama Korea

Drama Korea Bertema Psikologi Paling Bagus

Drama Korea

Table of Contents

Siapa yang tidak pernah nonton Drama Korea, pasti kamu pernah kan nonton kan? atau bahkan kamu salah satu fans dari drama korea. Drama Korea memiliki banyak variasi genre pilihan untuk kamu tonton, dan berbagai jenis cerita juga. Ditambah acting dari para pemainnya yang sangat mendalami, dapat membawa kita kepada suasana yang sedang di ceritakan. Banyak dari kita penontonnya terbawa suasana, bahkan ada yang sampai menangis juga kan? Biasanya drama korea ditayangkan sebanyak dua kali perminggu, dan memiliki alur cerita yang nyambung setiap episode nya. Drama korea juga sekarang sudah sangat mudah di akses di berbagai platform berbayar, seperti Netflix dan viu, jadi jangan takut ketinggalan.

Tidak hanya bercerita tentang percintaan saja, banyak dari drama korea yang mengangkat tema yang lebih spesifik, misal drama yang ber – genre sci-fi, ada juga drama yang bercerita tentang kesehatan, peperangan, action, hukum, psikologi dan masih banyak genre lainnya. Dengan banyak nya tema yang di angkat, kita sebagai penonton bebas untuk memilih, drama mana yang sekiranya cocok dengan mood kita saat ini. Kebanyakan dari drama korea selalu memberikan edukasi untuk penontonnya tergantung pada tema yang di angkat. Maka dari itu, kita terkadang menjadikan drama korea sebagai inspirasi kita, atau bahkan dapat menjawab kebingungan kita tentang beberapa topik.

Dari banyanya tema drama korea yang telah ada sekarang, Salurehat akan membahasa beberapa drama yang mengambil tema tentang psikologi dan kesehatan mental. Ada banyak drama korea yang menceritakan tentang kesehatan mental dan dunia psikologi lho, wah betapa aware nya ya mereka terhadap kesehatan mental. Selain menceritakan tentang kesehatan mental, tentunya drama korea memberikan edukasi dan pengetahuan kepada kita sebagai penonton tentang beberapa ilmu psikologi, jadi dengan menonton dramanya, kita juga mendapat ilmu baru. dari beberapa tema psikologi yang diangkat beberapa diantaranya masih ada yang masih tabu dan di anggap biasa saja lho di Indonesia.

Berikut Drama Korea yang mengusung tema Kesehatan mental dan psikologi :

1. It’s Okay That’s love (2014)

Drama It’s Okay That’s Love yang di bintangi oleh Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Sung Dong Il, Lee Kwang Soo, D.O EXO, dan Lee Sung Kyung, ini sangat menarik perhatian pada tahun 2014 lalu. Dimana drama ber -genre kesehatan mental dan Psikologi ini bercerita tentang kisah cinta antara penulis novel derta penyiar radio yang sangat terkenal Bersama psikiater tahun pertama.

Jang Jae Yeol (jo In Sung) adalah seorang penulis novel sekaligus penyiar radio  yang sangat terkenal di kota Seol bahkan Korea, banyak orang yang sangat mengaguminya, tetapi banyak dari fansnya yang tidak mengetahui bahwa ia menderita gangguan mental, dikarenakan trauma masa kecilnya yang begitu kelam sehingga memberikan luka yang sangat dalam pada dirinya.

Bahkan Jang Jae Yeol harus tidur di bak mandi setiap kali dia ingin tidur, dikarenakan jika dia tidur dikasur, ia akan mengalami mimpi buruk. Hal ini terjadi dikarenakan ayah tiri nya yang selalu menyiksa nya ketika kecil, jika sudah disiksa, Jang Jae Yeong lari dan bersembunyi di bawah lantai toilet  di luar rumahnya.

Hae Soo ( Gong Hyo Jin) adalah Psikiater tahun pertama yang bertugas di rumah sakit universitas. Hae soo sebenrnya memiliki trauma masa kecil yang ia ingat sampai sekarang karena melihat ibu nya sedang berciuman dengan pria lain. Kejadian ini membuat Hae Soo sangat trauma hingga tidak bisa melakukan kontak fisik dengan lawan jenis. Hae Soo mengganggap bahwa kontak fisik dengan lawan jenis merupakan tindak penghianatan.

Awalnya, Jang Jae dan Hae Soo saling membenci satu sama lain. Namun pada akhirnya, mereka berdua saling jatuh hati dan saling mengobati luka masing – masing. Tetapi, Hae Soo tidak tau jika Jan Jae juga menderita schizophrenia, dan memiliki teman khayalan. Pokoknya buat Kalian Teman rehat, wajib banget untuk menonton drama ini, karena di drama ini memberi tahu juga istiah – istilah yang sering di sebut di dunia psikologi.

2. Fix You (2020)

Drama Korea yang berjudul Fix You, diperankan oleh Shin Ha Kyun, Jung So Min, Tae In Ho, dan Park Ye Jin menjadi salah satu drama psikologis yang hits pada tahun 2020. Drama ini menceritakan tentang seorang psikiater yang berusaha untuk menolong kesembuhan berbagai pasien yang memiliki gangguan mental. Ada banyak jenis gangguan yang ia tangani di klinik psikiatri ini.

Lee Shi Joon (Shin Ha Kyun) adalah seorang psikiater yang memiliki kepribadian yang sangat lurus, ia memiliki tugas untuk membantu pasien yang memiliki gangguan mental dengan berbagai macam jenis. Ia percaya pada metode penyembuhan Healing dibandingkan dengan sekedar mengobati (curing) saja.

Sedangkan Haan Woo Joo (Jung So Min) adalah seorang pemain teater yang membantu pasien dengan gangguan mental dengan skill aktingnya. Woo joo adalah sosok yang memiliki integritas  dan ia sangat mencintai pekerjaannya yakni artis drama musical, tetapi ia memiliki gangguan mental dimana ia tidak dapat mengontrol emosinya sendiri.

Fix You mengulik banyak sekali jenis gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, gangguan panik, traiuma, skizofrenia, tanpa memberikan penilaian yang negtif, jadi penonton pun mendapat edukasi yang sangat baik dari drama ini. Dari drama ini kita dapat mengetahui tentang bagaimana seseorang bisa mendapatkan gangguan kesehatan mental tersebut, dan bagaimana dokter atau psikiater menangani mereka.

3. Kill Me Heal Me ( 2015 )

Kill Me Heal Me yang di bintangi oleh Park Ji Sung, Hwang Jung Eum, dan Park Seo Joon, drama ber –  genre Komedi romantic ini dapat membuatmu untuk lebih mengetahui dan lebih peka terhadap kesehatan mental dan buruknya dampak dari suatu kekerasan yang di alami oleh seorang anak kecil. Drama yang di buat pada tahun 2015 ini mendapatkan rating yang sangat bagus dikarenakan acting para pemainnya bagus dan sangat menghayati.

Drama ini mengangkat salah satu gangguan psikologis yaitu Dissociative Identity Disorder (DID) atau yang biasa kita ketahui adalah gangguan kepribadian ganda. Pada drama ini, pemeran utamanya bernama Cha Do Hyun ( Park Ji Sung ) dia memiliki 7 kepribadian dalam dirinya. Gangguan ini dialaminya karena dia memiliki trauma saat dia kecil.

Cha Do Hyun mulai menemukan kembali dirinya yang sesungguhnya dengan bantuan Oh Ri Jin. Oh Ri Jin merupakan seorang psikiater yang diam – diam membantunya untuk sembuh dari gangguan psikologis tersebut, dan akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta.

Drama ini memiliki beberapa hal yang sangat sederhana tetapi sangat menyentuh. Salah satunya adalah kehangatan keluarga Oh Ri Jin yang tidak di rasakan oleh Cha Do Hyun. Selain itu, kemunculan karakter Oh Ri On yang di perankan oleh Park Seo Joon yang merupakan actor yang sedang naik daun sekarang, ada scene yang menampilkan Oh Ri On ber adu acting Bersama Ahn Yo Na, yaitu salah satu karakter dari 7 karakter yang dimiliki oleh Cha Do Hyun yang sangat centil dan suka fangirling pada lelaki – lelaki tampan.

Drama ini, mempunyai pesan untuk kita para penonton bahwa di zaman sekarang kesehatan mental sangatlah penting untuk kita perhatikan, serta penderita gangguan mental butuh support kita bukan bukan pandangan negative atau bahkan celotehan.

Dari ketiga drama yang salurehat berikan, banyak pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari drama tersebut. Dari trauma masa kecil yang berakibat terhadap psikologis atau mental seseorang, bagaimana kita dapat menerima orang yang terkena gangguan mental, bagaimana seorang psikolog atau psikiater mengobati pasien gangguan mental dan masih banyak lagi. Semoga dengan banyaknya drama tentang psikologi membuat kita menjadi selalu aware terhadap kesehatan mental.