Eating Disorder Sangat Membahayakan Tubuh !

eating disorder

Eating Disorder sangat membahayakan tubuh !

eating disorder

Table of Contents

Teman Rehat, kalian pernah ga sih medengar kata Eating Disorder atau gangguan makan? kondisi ini adalah suatu kondisi terkait dengan perilaku makan yang memberikan efek negative terhadap tubuh kita lho! dari kesehatan, emosi, mental dan kemampuan kita sehari – hari. Gangguan ini biasanya ditandai dengan seseorang yang terlalu banyak makan atau bahkan terlalu sedikit makan, pokoknya ga sehat banget deh. Biasanya orang yang terkena gangguan ini memiliki obsesi terhadap makanan, berat badan, bentuk badan dan juga bentuk tubuh lho. Biasanya banyak dari kalangan model terkena gangguan ini, salah satunya Ilene, kontestan Indonesia Next Top Model 2021.

Gangguan ini tidak hanya mengganggu mental penderitanya, tetapi juga mengganggu kesehatan tubuh si penderita. Karena mereka terkena Eating Disorder ini, mereka pasti selalu melupakan kesehatan tubuh mereka demi memuaskan obsesi mereka. Dari gangguan makan tersebut, beberapa penyakit ini akan menyerang tubuh penderitanya, yaitu, penyakit pencernaan, Anorexia, gangguan pada tulang, gigi dan mulut, dan masih banyak penyakit komplikasi lain nya. Gangguan makan ini adalah gangguan yang sangat kompleks dan sering kali memerlukan bantuan dari tenaga ahli medis dan psikologis untuk menyembuhkannya atau mengubahnya.

Ada banyak jenis Eating Disorder yang di derita oleh banyak orang, karena gangguan ini tidak hanya satu jenis saja tetapi juga banyak lho Teman Rehat, yuk kenali beberapa jenis Eating Disorder. Berikut Penjelasannya :

1. Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa adalah salah satu jenis Eating Disorder yang cukup dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia. Gangguan tipe Anorexia Nervosa kebanyakan menyerang wanita ketimbang pria. gangguan ini biasanya terjadi saat penderitanta remaja.

Orang yang terkena gangguan Anorexia Nervosa ini, terus menerus melihat dirinya sangat gemuk, walaupun tubuhnya sudah sangat kurus. orang yang terkena gangguan ini biasanya terobsesi dengan tubuh yang kurus, makanya mereka selalu memantau berat badannya tiap waktu.

Mereka pun membatasi makanannya, bahkan bisa sampai tidak makan juga lho Teman Rehat. Tidak hanya membatasi makan mereka sehari – hari, mereka bahkan sampai puasa setiap hari, ber olah raga secara berlebihan, dan melakukan diet yang sangat ketat.

Ini tentunya sangat tidak baik untuk di contoh ya Teman Rehat, apa lagi sampai di lakukan di kehidupan sehari – hari. Ada baiknya kita menjaga berat badan kita yang ideal dan tentunya mengetahui ukuran dan berat badan kita yang ideal sehingga tidak terjadi gangguan seperti ini.

2. Bulimia Nervosa

Berbeda dengan Anorexia Nervosa, gangguan makan jenis Bulimia Nervosa, gangguan ini terjadi saat penderitanya memakan makanan yang sangat banyak lho. Biasanya penderita memakan dengan porsi yang sangat banyak saat menghadiri pesta atau perayaan.

Sama halnya dengan Anorexia nervosa, gangguan ini terjadi kebanyakan ketika penderitanya berada di usia usia remaja. Mereka memakan segalanya yang mereka mau, bahkan mereka memakan makanan yang biasanya mereka hindari lho.

Penderita Bulimia Nervosa, biasanya setelah makan banyak, mereka akan mengeluarkan makanannya lagi lho Teman Rehat. Ada berbagai macam cara yang biasanya penderita Bulimia Nervosa lakukan, antara lain : memuntahkan semua makanan yang telah mereka makan, meminum obat pencahar agar makanan cepat keluar, ber olah raga secara berlebihan, puasa dan masih banyak lagi.

semua cara tersebut mereka lakukan karena mereka merasa bersalah telah makan banyak dan malu, serta takut jika berat badan mereka naik setelah makan. Orang dengan gangguan ini sering banget merasa stress karena berat badan dan bentuk tubuhnya, karna kedua factor tersebut adalah obsesi mereka.

Bulimia dapat menyebabkan radang tenggorokan, refluks asam lambung, gigi berlubang, dehidrasi, hingga ketidakseimbangan elektrolit yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

3. Pica

Pica merupakan gangguan makan yang menginginkan memakan benda yang sebenarnya bukan makanan. seperti tanah, sabun, deterjen, penghapus, dan masih banyak lagi. Gangguan ini biasanya dapat menyerang wanita hamil, anak kecil dan remaja.

Sedangkan efek dari gangguan ini bagi penderitanya bisa saja mereka keracunan cidera usus hingga kematian lho Teman Rehat. So jangan sampai ya kalian mengalami hal seperti ini, karena ini sangat merugikan untuk diri kita apa lagi tubuh kita.

4. Gangguan Makan Berlebihan ( binge eating disorder)

Gangguan makan berlebihan ini membuat penderitanya untuk terus menerus makan dengan jumlah yang luar biasa sangat banyak lho Teman Rehat. Mereka bisa saja terus makan disaat diri mereka tidak lapar. Gangguan ini biasa terjadi ketika mereka menginjak umur remaja.

Penderita gangguan makan berlebihan atau binge eating disorder ini menyadari gangguan yang mereka derita, tetapi mereka tidak bisa stop melakukan itu karena sudah menjadi kebiasaannya. Gangguan makan yang berlebihan ini dapat menyebabkan obesitas sehingga meningkatkan resiko beberapa penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Penyebab Eating Disorder

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menghasilkan penyebab dari Eating Disorder ini. Namun sama seperti gangguan mental lainnya, banyak sekali factor yang mempengaruhi Eating Disorder. Berikut penyebab gangguan makan yang menyerang banyak orang :

1. Genetik

Dari beberapa kasus, ditemukan memang banyak orang yang terkena gangguan ini karena gen yang mereka miliki. Dengan adanya gen ini, dapat mempermuda penderitanya untuk terkena gangguan makan ini.

Dari beberapa kasus, menyebutkan bahwa eating disorder ini juga merupakan factor keturunan dari keluarga. Seseorang yang keluarganya menderita Eating Disorder, memiliki resiko 7 – 12 lebih besar untuk terkena gangguan ini juga.

2. Faktor Psikologis

Penyebab gangguan makan atau Eating Disorder bisa juga datang dari diri kita sendiri. Faktor Psikologis juga dapat mempengaruhi pikiran kita terhadap kepuasan kita kepada tubuh kita lho Teman Rehat. Biasanya kita yang perfeksionis lebih mudah terkena gangguan ini dikarenakan kita selalu memiliki harapan yang tinggi terhadap bentuk tubuh dan berat badan diri kita.

Orang – orang yang terkena gangguan makan ini juga sering terkena gangguan lainnya, salah satunya adalah gangguan cemas. Tanda-tanda gangguan kecemasan yang biasanya menyertai penderita gangguan makan seperti kecemasan sosial, kecemasan umum, dan masih banyak lagi.

3. Faktor Lingkungan

Hidup dilingkungan yang judgmental, banyak dari penderita gangguan makan berawal dari ejekan orang orang. Karena banyak mendapat cibiran, banyak penderita yang merasa insecure dan melakukan hal hal yang tidak baik ini.

Stigma masyarakat juga yang menyebutkan cantik itu yang memiliki badan yang kurus, dan badan gemuk tidaklah cantik. Stigma inilah yang men – triger penderita untuk melakukan kelainan ini, dengan tidak makan beberapa hari, memuntahkan makanan yang telah dimakan dan lain – lain.

Ada juga dari beberapa penderita yang sudah capek dengan stigma tersebut, dan karena sudah lama menahannya mereka meluapkannya dengan makan yang tidak terkonrol. ini terntunya sangat tidak baik ya Teman Rehat untuk tubuh kita.

Nah, begitu penjelasan dari Eating Disorder, untuk kamu yang sedang terkena gangguan ini, kami mengharapkan yang terbaik untuk kamu dan semoga bisa menghindari gangguan ini secepatnya. Dan untuk kamu yang belum aware dengan Eating Disorder semoga setelah membaca artikel ini kamu menyadar