Fungsi Hutan Mangrove Bagi Lingkungan Pesisir

Hutan Mangrove
Hutan Mangrove

Fungsi Hutan Mangrove Bagi Lingkungan Pesisir

 

Table of Contents

Di Indonesia banyak sekali jenis hutan yang ada, ada hutan lindung, ada hutan pinus, ada hutan Mangroove, dan masih banyak lagi. Sekarang kita akan membahas tentang Hutan mangrove dan apa fungsi hutan mangrove bagi lingkungan pesisir.

Teman Rehat, Indonesia dikaruniai banyak lahan yang subur dan luas guna menjadi paru paru dunia. Ini tentunya sangat menguntungkan kita ya! karena dengan adanya banyak hutan, kita memiliki banyak sekali hasil alam yang sangat beragam, juga jenis binatang yang juga beragam.

Apakah kalian sudah tau jika Indonesia memiliki sangat banyak hutan mangrove dan bisa jadi objek wisata juga loh!.

Selain berfungsi menjaga kelestarian alam yaitu kelestarian laut dan biota laut, masih banyak juga loh manfaat dari hutan mangrove ini bagi kehidupan kita Bersama, apa lagi buat saudara saudara kita yang tinggal di daerah pesisir laut.

Baca juga :

Kenali Apa Itu Gangguan Bipolar, Penah Seperti Ini?

Ciri-ciri Depresi Yang Harus Kamu Perhatikan

Jenis tumbuhan mangrove ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat hidup di meski berada di air yang kandungan garamnya tinggi lho Teman Rehat.

Pada umumnya hutan mangrove ini berada di pesisir pantai dengan khas tanaman yang berwarna hijau yang sangat cantik memanjakan mata. Hutan mangrove juga dapat dijadikan tempat berwisata juga lho, salah satu tempat wisata yang bertemakan mangrove di Indonesia salah satunya ada di Jakarta, yaitu Hutan Mangrove Pik.

Mangrove memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan sekitar dan kita semua lho teman rehat, berikut fingsi hutang mangrove :

1. Menceah Erosi dan Abrasi air laut

Fungsi hutan mangrove yang pertama adalah menceha erosi air laut dan abrasi air laut. Abrasi yang berarti pengikisan permukaan permukaan pantai yang di gerus oleh air laut melalui deburan ombak.

Tentunya proses abrasi banyak sekali merugikan penduduk sekitar pesisr ya teman rehat, Namun, dengan adanya pohon serta akar dari tanaman mangrove tersebut  dapat berfungsi sebagai penahan tanah yang cukup mujarab.

Maka dari itu, dengan melakukan proses reboisasi hingga penanaman hutan mangrove yang sering sangat dianjurkan untuk dilakukan pada area pantai yang berpotensi terjadi abrasi.

2. Mencegah Intrusi Air Laut

Intrusi laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan pesisir. Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Hutan Mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi Air laut ke daratan.

3. Sebagai Tempat Hidup dan Sumber Makanan

Hutan mangrove juga dapat dijadikan sebagai tempat hidup berbagai jenis binatang lho teman rehat. Tau kah kamu, jika ada banyak jenis binatang yang tinggal di hutan mangrove, sebagai contoh : biawak, monyet, burung, ular, kura – kura.

Tidak hanya mereka saja lho, tapi ada juga biota laut yang tinggal disana, seperti berbagai jenis ikan, udang, kepiting, siput dan masih banyak lagi.

Memiliki akar tongkat pada pohon mangrove, mamberikan zat makanan dan menjadi rumah bagi hewan ikan  yang hidup di sekitarnya. Berbagai jenis hewan darat berlindung atau singgah bertengger dan mencari makan di hutan mangrove ini.

4. Sebagai Pencegah dan Penyaring Alami

Hutan mangrove banyak ditanami dengan akar pohon bakau dan sangat berlumpur. Nah, fungsi dari hutan mangrove dari akarnya tersebut dapat mempercepat penguraian limbah – limbah organik yang terbawa ke wilayah pesisir pantai sekitar.

Selain berfungsi membantu untuk menguraikan limbah organik, fungsi hutan mangrove juga dapat membantu untuk mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan deterjen.

Selain itu juga menjadi penghalang alami terhadap angin laut yang kencang pada saat musim tertentu.

5. Hasil dari Hutan Mangrove

Karena hutan mangrove dipenuhi dengan akar pohon bakau, maka hasil dari olahan bakau ini dapat dijadikan rokok yang sering beberapa orang gunakan lho teman rehat. Bukan hanya itu saja, tetapi tanaman yang ada di hutan mangrove pun dapat dijadikan kerajinan tangan bagi penduduk sekitar lho, lumayan ya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

6. Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir

Hutan mangrove banyak dikatakan sebagai pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu.

Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan.  Dalam kurun waktu yang panjang habitat baru ini dapat meluas menjadi pulau sendiri.

Nah Teman Rehat, begitulah fungsi dan manfaat dari hutan mangrove yang ada di sekitar kita. Banyak sekali manfaat yang kita dapat atas kehadiran mereka, ada baiknya kita merawat dan menjaga kelestarian Hutan mangrove ini ya.

karena dengan adanya hutan ini ekosistem sekitar akan stabil. Dan juga dalam memperingati the World Forests Day, ada baiknya kita membantu pemerintah dalam menambah jumlah tamanam mangrove yang ada, dengan menanam pohon di daerah pesisir.