Anxiety Disorder, Apasaja jenis – jenisnya?

Yuk kenali Jenis-Jenis Anxiety Disorder

Selama ini kita sering mendengar tentang Anxiety, apa sebenarnya perbedaan Anxiety dan Anxiety Disorder? Anxiety adalah rasa cemas yang secara normal dirasakan manusia. Tetapi ketika rasa cemas yang berlebihan anxiety bisa jadi berbahaya loh

Anxiety, Apa itu Anxiety?

Rasa cemas sementara merupakan perasaan yang wajar yang kita hadapi sehari-hari. Rasa cemas dapat timbul dalam hal pekerjaan, sekolah ataupun pengambilan keputusan yang penting.

Sementara anxiety Disorder adalah perasaan yang lebih dari sekedar cemas atau takut terhadap sesuatu. Biasanya terjadi dalam waktu yang lama dan memburuk sehingga dapat menganggu aktivitas dan kehidupan personal.

Anxiety Disorder terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

Yuk kita bahas satu persatu jenis-jenis Anxiety

General Anxiety Disorder

General Anxiety Disorder atau yang biasa dikenal dengan GAD, seperti namanya Tipe ini adalah tipe dengan gangguan kecemasan umum.

orang dengan ganguan ini bisa merasa cemas selama 6 bulan atau lebih dikarenakan hal-hal yang mereka hadapi sehari hari. Rasa ketakutan yang mereka rasakan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari sepeerti kehidupan sosial, pekerjaan, dan sekolah

Seseorang dengan Generalized Anxiety Disorder sering menghawatirkan hal hal seperti pekerjaan, kesehatan, hingga hal-hal yang sederhana lainya.

Jika kamu menderita GAD kamu bisa merasakan kecemasan yang sama dengan orang sekitar kamu tetapi dengan level kecemasan yang berberda

Gangguan kecemasan umum juga dapat menimbulkan gejala fisik, seperti merasa lelah, susah tidur, gemetar, keringat berlebihan, dan mual, sakit perut, serta diare yang berulang.

Panic Disorder

Pernahkan kamu mendengar sesuatu yang membuat kamu merasa kaget, panik hingga kesulitan bernafas?. Panik disorder. Hal ini biasanya disebabkan karena rasa takut yang sangat besar dan dengan mengejutkan. Hal ini biasa dikenal dengan Panick Attack. serangan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba karena dipacu oleh sesuatu.

Ketika mengalami Panick Attack biasanya mengalami :

  • jantung berdebar dengan keras
  • Berkeringan
  • Badan bergetar
  • Sesak Nafas, atau kesulitan bernafas
  • Merasa Cemas
  • Tidak bisa mengontrol diri sendiri

orang dengan Panic Disorder cenderung mempunyai rasa takut untuk mengalami hal yang sama lagi. Oleh karena itu biasanya mereka menghindari hal-hal yang berkaitan dengan ketakutan mereka.

Orang dengan gangguan panik tidak dapat memprediksi kapan gangguan tersebut akan muncul atau apa pemicunya. Oleh karena itu, penderita gangguan panik yang menjauhkan diri dari lingkungan sosial karena takut serangan paniknya kambuh di tempat umum.

Phobia

Phobia merupakan keadaan ketika seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan dan tidak rasioanal terhadap sesuatu. Rasa takut ini bisa disebabkan karena apapun seperti benda, binatang, atau situasi tertentu.

Inilah beberapa contoh Phobia yang umu :

  • Tempat tinggi
  • Serangga
  • Binatang
  • Darah
  • Jarum Suntik

Orang dengan Phobia biasanya mengambil langkah yang extreme agar tidak berdekatan dengan hal yang ia takuti. Jika ornag dengan Phobia bertemu hal yang mereka takuti biasanya mereka meraskan rasa takut yang luar biasa dan sulit dihadapi.

Social Anxiety Disorder

Social Anxiety Disorder atau Gangguan kecemasan sosial. Merupakan gangguan dimana memiliki rasa takut luar biasa terhadap lingkugan sosial atau social phobia.

Orang dengan Social Anxiety Disorder sering setiap gerak-geriknya akan dinilai oleh orang lain. Bukan hanya dinilai tapi biasaya mereka takut akan penilaian buruk terhadap dirinya.

Oleh karena itu orang dengan gangguan ini cenderung mempunyai sifat pemalu karena sulit berinteraksi dengan banyak orang. Biasanya mereka juga cenderung menghidari untuk bertemu dengan banyak orang.

Separation Anxiety Disorder

Separation Anxiety Disorder disebabkan karena ketakutan untuk berpisah. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak, tetapi tidak memungkinkan juga orang dewasa terdiagnosa dengan Disorder ini.

Mereka biasanya memiliki ketakutan untuk berpisah dengan orang yang mereka sayangi. Mereka memiliki ketakutan jika berpisah bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada orang yang mereka sayangi.

Biasanya orang dengan tipe Anxiety ini juga mempunyai ketakutan yang sangat besar jika ditinggal sendiri oleh orang yang mereka sayangi.

Beberapa Cara Mengatasi Anxiety

Anxiety Disorder biasanya diobati dengan physycotherapy atau terapi psikologis atau dengan obat-obatan atau gabungan dari keduanya. Ada juga beberapa cara untuk mengurangi Anxiety seperti :

  • Mencukupi waktu tidur dan istirahat
  • Membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol
  • meditasi dan yoga
  • Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur
  • Mencoba bertukar pikiran

Jika cara diatas sudah dicoba tetapi tidak ada perubahan, segera hubungi orang yang berpengalaman seperti psikolog atau psikiater. Agar perawatan dan pengobatan yang didapatkan tepat.

Apabila hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa Anda mengalami gangguan kecemasan, psikiater akan mengatasi anxiety yang Anda rasakan dengan psikoterapi dan konseling, serta pemberian obat penenang bila memang dibutuhkan.

Jika menggunakan terapi dengan obat atau anti-depressrant harus dengan ajuran dokter dan sesuai dengan resep dokter agar tidak terjadi penyalahgunaan obat.

source : https://www.nimh.nih.gov/health/topics/anxiety-disorders/index.shtml

https://www.alodokter.com/mengenal-anxiety-yang-mengganggu-dan-berbagai-jenisnya