Kecanduan Game Online Dan Ciri-Cirinya Yang Berbahaya

kecanduan game online

Kecanduan Game Online Dan Ciri-Cirinya Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

kecanduan game online

Di era digital dan teknologi seperti sekarang, banyak yang menjadikan game online sebagai hobi yang tersalurkan sehari-hari. Apalagi dengan fasilitas teknologi dan internet yang memadai. Hobi tersebut sebenarnya jika dilakukan dalam durasi yang wajar tanpa mengganggu aktivtias sehari-hari masih diperbolehkan. Kecuali kalau sudah kecanduan game online.

Table of Contents

Akan tetapi, jika sudah sampai pada tingkat kecanduan yang parah, hingga merusak kesehatan, hal itu yang perlu menjadi highlight.

Kecanduan game online adalah salah satu jenis gangguan mental yang terlihat dengan adanya keinginan dan dorongan untuk terus-menerus bermain game hingga tidak mempedulikan aktivitas lain yang harusnya menjadi prioritas seperti ibadah, kerjaan, maupun utgas sekolah.

Bahkan, jika sudah kecanduan game online dalam tingkat yang lebih tinggi, hal itu dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan mental lainnya seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO pun juga sudah melansir bahwa kecaduan game atau gam disorder masuk dalam kategori gangguan mental. Dalam versi International Classification of Diseases yang ke 11, WHO menyebutkan bahwa game disorder termasuk disorders due to addictive behavior atau gangguan yang terjadi  oleh kebiasaan atau kecanduan.

Ciri-ciri Kecanduan Game Online

kecanduan game online

Seseorang yang sudah terlihat sebagai pecandu game online adalah mereka yang bermain game dalam waktu yang berlebihan sepanjang harinya dan hal itu sudah dilakukan selama kurang lebih 1 tahun.

Berikut ciri-ciri yang terlihat oleh para pecandu game online.

  1. Memiliki hasrat untuk selalu ingin bermain game online
  2. Merasa stress, sedih, dan marah ketika tidak bisa bermain game online
  3. Mereka memerlukan waktu yang lebih banyak dalam bermain game online agar bisa merasakan bahagia
  4. Melupakan aktivitas lain saat bermain seperti makan , tidur, bersosialisasi, bahkan hal penting seperti tugas sekolah
  5. Mengalami masalah di rumah, kantor, sekolah, maupun masyarakat yang berkaitan dengan game online
  6. Sering berbohong karena dorongan untuk bermain game
  7. Menghabiskan banyak uang untuk bermain game

Gejala-gejala yang ditimbulkan karena sering bermain game juga terlihat seperti mudah emosi, sering pusing, nyeri di bagian punggung, maupun mata berkunang-kunang.Yang lebih parah, saraf yang ada di bagian tangan pun bisa kejang-kejang.

Akan tetapi, gejala tersebut perlu diperiksakan lagi ke para ahli seperti psikolog maupun psikiater untuk menindak lebih lanjut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa hal itu berasal dari kecanduan bermain game online.

Dampak Kecanduan Game Online

Game online pada dasarnya menjadi hobi yang dapat melepas perasaan penat dan stress setelah melakukan aktivitas yang berat. Namun yang terjadi bisa hal lain, ketika game online menjadi perhatian dengan durasi yang berlebihan dan digunakan sebagai tempat pelarian atas aktivtias sehari-hari.

Usia-usia remaja lebih sering terdampak akan hal ini. Hal itu terjadi karena masa remaja memiliki tingkat kestabian yang cukup kurang dan sangat mudah terjerumus pada hal-hal baru yang mereka coba. Makanya, usia remaja lebih rentan mengalami kecanduan bermain game.

Kondisi kecanduan game online atau yang terkenal dengan gaming disorder menyebabkan tejadinya perubahan pada strukturan dan fungsional sistem saraf. Pada artikel yang tertulis di Psychological Today menjelaskan bahwa pada bagian otak depan, khususnya pada neurotransmitter yang menghasilma dopamin akan menjadi aktif ketika sedang bermain game. Reaksi tersebut merupakan reaksi yang sama terlihat pada mereka yang mengonsumsi heroin.

Pecandu game online mengalami peningkatan dopamin sebesar dua kali lipat, sedangkan para pengguna obat-obatan terlarang akan mengalami kenaikan dopamin sebsar sepuluh kali lipat.

Pada usia tersebut, kecandan game online dapat mengangkat masalah baru seperti kurang peduli pada aktivitas sosial, tidak bisa mengatur waktu, prestasi akademik menurun. Tapi yang paling parah adalah remaja akan kehabisan waktu untuk menjelajahi minat dan bakatnya untuk pengembangan diri karena semua waktu tersisa untuk melakukan game online.

Efek Kecanduan Game Online

Pada sisi kesehatan, mereka akan mengalami pengurangan waktu tidur, kurangnya olahraga dan aktivitas fisik lainnya, pola makan tidak teratur, dan hal-hal tersebut akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh.

Sedangkan pada aspek psikologis, mereka yang sudah kecanduan akan terlihat lebih mudah marah, emosi yang tidak stabil, dan sering mengucapkan umpatan-umpatan kata-kata kotor. Dalam game juga sering menayangkan adegan-adegan kekerasan seperti berkelahi, membunuh, yang secara tidak sadar akan mempengaruhi alam bawah sadar para pemainnya.

Akademik juga akan terganggu bagi para pecandu game online. Waktu luang yang harusnya terpakai untuk belajar hal-hal yang kurang dimengerti di sekolah, tapi malah terpakai untuk menyelesaikan misi di game online. Tingkat konsentrasi pun akan berkurang jika sering-sering main game.

Dalam hal sosial juga pasti terlihatan sangat menurun. Bagaimana tidak, para pecandu game online akan menghabiskan hampir sepanjang hari di depan gadget. Interaksi langsung di dunia nyata pun akan berkurang. Meskipun dalihnya, mereka melakuka sosialisasi di dunia digital, akan tetapi mereka akan kesulitan jika diminta untuk bersosialisasi di masyarakat.

Game online pun juga memerlukan modal yang cenderung tidak sedikit. Mereka membutuhkan gadget yang menunjang serta akses fasilitas internet yang terpakai saat bermain game. Remaja yang belum memiliki pemasukan akan melakukan ssegala cara untuk bisa bermain game. Baik itu dia merengek ke orang tuanya, maupun melakukan jalan pintas yang buruk seperti melakukan pencurian. Jiak hal itu sudah terjadi, dampak buruk dari kecanduan bermain game sudah sangat parah.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

kecanduan game online

Jika sudah menjadi pecandu game online, berikut yang kamu bisa lakukan agar terhindar dan bisa mengatasi kecanduan bermain tersebut

1. Mengalihkan Perhatian

Alihkan perhatian dan keterlibatan dalam bermain game online. Pengalihan perhatian ini dapat menjadi pencegahan yang efektif. Lakukan aktivitas di luar seperti aktivitas ekstrakulikuler di sekolah, melakukan olahraga. Hal ini penting dalam pengembangan diri usia-usia remaja.

2. Mengajak Teman

Ajaklah teman yang sering kamu temani bermain game untuk melakukan aktivitas lain. Karena lingkungan juga akan mempengaruhi kita dalam melakukan aktivitas. Ini juga menjadi cara yang efekti untuk melakuka pencegahan.

3. Jangan Simpan Gadget Di Kamar Tidur

Tempat yang paling nyaman untuk bermain game adalah kamar tidur. Usahakan tidak menyimpan gadget dan bermain game di sana. Karena yang sering terjadi adalah para pecandu game akan terus bermain hingga larut malam, bahkan sampai pagi. Dengan demikian, kamu dapat mengurangi waktu untuk bermain secara signifikan

Kapan Harus Ke Psikolog?

Jika cara yang sudah tertulis di atas masih saja belum mampu mengatasi maupun mencegah kecanduan bermain game, ada baiknya kamu segera melakukan konsultasi pada pihak ahli, baik itu psikolog maupun psikiater.

Hal yang paling sering diberikan oleh para ahli adalah metode terapi kognitif atau CBT (Cognitive Behavioural Therapy).

Jika mengalami gangguan kecanduan ini sampai mengganggu aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah, hingga waktu istirahat, segera hubungi dan berkonsultasi pada psikolog atau psikiater