Keluar Dari Zona Nyaman, Ini Cara Yang Harus Kamu Lakukan!

keluar dari zona nyaman

Keluar Dari Zona Nyaman, Ini Cara Yang Harus Kamu Lakukan

keluar dari zona nyaman

Comfort zone atau zona nyaman adalah suatu kondisi dimana seseorang menjalani aktivitas sehari-hari dengan rasa nyaman dan aman tanpa risiko, tidak ada kekhawatiran, dan stagnan di situ-situ saja. Seperti namanya, zona nyaman tentu saja nyaman dan sangat susah untuk keluar dari zona nyaman.

Table of Contents

Tapi, berdiam diri dalam situ tidak akan membawa kemajuan apapun. Ibarat keong dalam tempurungnya, terasa aman, bebas dari ancaman, tapi hanya seperti itu saja.

Kenapa Harus Keluar Dari Zona Nyaman?

Berada dalam situasi yang tidak kemana-mana akan membuat cepat bosan dan mudah Lelah. Padahal yang dikerjakan pada situasI tersebut juga tidak banyak. Pikiran mulai menjalar kemana-mana tentang kehidupan lain selain yang dijlani. Tapi, masih ada ketakutan dan keraguan untuk berpindah.

Ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui kenapa harus keluar dari hal ini.

1. Situasi baru akan lebih menggali potensi dan bakatmu akan berkembang.

Yang kamu sadari ketika keluar dari situasi seperti ini adalah kamu berkembang dengan cara yang kamu mungkin tidak sadari. Kamu akan lebih terbuka akan sesuatu, lebih kritis memandang sesuatu. Kamu juga bisa berkembang secara mental dan lebih bijaksana serta hati-hati dalam mengambil keputusan.

2. Langkah kecil menuju kesuksesan.

Tentu saja ini alasan terbesar seseorang keluar dari zona nyaman, yaitu ada janji-janji kesuksesan yang ditawarkan banyak orang. Meski di awal-awal akan terasa sangat berat dan menyedihkan , tapi pada akhirnya akan terlihat sisi terang di akhir proses ini.

3. Mendapatkan perasaan puas ketika melewatinya dengan baik.

4. Teman semakin banyak dan hubungan sosial semakin luas.

Berada di zona nyaman tentu saja membuat kamu bersosialisasi dengan orang yang itu-itu saja. Dan hal itu akan berbeda jika kamu berani keluar dari situasi tersebut. Kamu bisa kenal banyak orang, relasi dan sosialisasi bisa makin meluas dengan lebih banyak orang di luar sana

5. Lebih bahagia karena kamu menemukan hal baru yang memberikan hormone dopamine

6. Cara yang tepat untuk lebih mengenal diri sendiri.

Kamu bisa mengenal dirimu sendiri lebih baik lagi. Keluar dari zona nyaman juga akan mendorong diri untuk memperdalam pengetahuan tentang apa yang diinginkan dalam hidup. Keluar dari situasi seperti ini juga akan memperjelas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

7. Kesempatan untuk menjelajahi banyak hal

8. Sarana meng-upgrade diri.

Bukan cuma aplikasi dan gadget perlu di-upgrade, tapi diri kamu juga bisa upgrade diri. Karena memang salah satu cara untuk upgrade diri adalah dengan keluar dari zona nyaman. Karena dalam situasi yang mendesak, otak kita akan mennggali lebih dalam lagi potensi kecerdasan yang ada dalam diri.

Cara Keluar Dari Zona Nyaman

keluar dari zona nyaman

Dengan alasan-alasan seperti memang bisa menambah energi untuk bisa keluar dari zona nyaman. Tapi tentu saja tidak seperti yang kamu bayangkan. Tantangan yang diberikan masih banyak di luar sana. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa keluar dari zona nyaman.

1. Buat Rencana Yang Jelas

Membuat rencana adalah bentuk keseriusan kamu untuk keluar dari zona nyaman. Pembuatan rencana untuk meninggalkan zona nyaman ini sangat penting agar tujuan dapat tercapai dan bisa mengendalikannya dengan baik.

Tujuan perlu juga agar rencana yang ada tidak lari kemana-mana. Rencana ini termasuk detail tujuan yang ingin dicapai, langkah-langkah yang perlu dilakukan dan risiko yang bisa saja dihadapi.

2. Mengatasi Rasa Takut

Rasa takut tentu saja sangat besar jika ingin keluar dari situasi seperti ini. PIkirkan hal-hal tentang ketakutan tersebut dan menganggap bahwa hal itu adalah hal yang bisa menantang. Fokuslah pada energi positif dan semangat yang kamu rasakan ketika sudah berhasil keluar dari zona nyaman.

3. Percaya Diri Melakukannya

Percaya Diri sangat penting kamu miliki agar tetap bergerak dan memegang alasan-alasan yang sudah ada sekarang. Kepercayaan diri sangat efektif untuk mensugesti diri untuk melakukan aktivitas baru. Yakinlah bahwa aktivitas baru yang kamu lakukan adalah yang terbaik. Berbicara dengan kata-kata yang positif saja pada diri sendiri.

4. Keluar Dengan Bertahap

Jangan melakukannya dengan secara langsung, cepat, dan drastis. Lakukanlah dengan bertahap sambil berdaptasi pada lingkungan dan situasi-situasi yang baru. Jika kamu tidak menyukainya, kamu bisa berhenti melakukannya

5. Mencari Dukungan

Ceritakan rencana kamu untuk meninggalkan situasi di zona nyaman pada orang-orang terdekat kamu. Minta mereka unutk senantiasa mendukung dan memberikan motivasi-motivasi. Selain orang terdekat, mengonsumsi konten-konten positif di internet juga bisa membantu kamu keluar dari zona nyaman.

Konten-konten positif tersebut bisa seperti kisah-kisah orang sukses, tips dan trik untuk produktif, ataupun kata-kata motivasi seperi self improvement.

6. Yakin Bisa Melaluinya

Tentu saja kamu banyak ketakutan dan khawatir tentang akan hal ini. Padahal, kamu pernah melalui tantangan yang sama seperti ini juga. Kamu bisa mengakalinya dengan cara mengingat-ingat pencapaian-pencapain yang sudah terlewati.Hal itu bisa menjadi faktor yang meningkatkan kepercayaan diri kamu.

7. Memberi Reward Sedini Mungkin

Kamu perlu sadari bahwa melewati zona nyaman tentu saja memerlukan energi yang banyak dan mengorbankan hal-hal yang penting buat kamu. Maka dari itu, berikanlah reward sedini mungkin agar kamu merasakan imbalan dari usaha kamu secepatnya. Itu juga berguna untu mencegah menyerah sedini mungkin.

Setiap milestone perkembangan dan capaian juga perlu reward. Selain untuk mencegah menyerah sedini mungkin, reward tersebut juga menjadi bagian dalam menghargai diri sendiri.

Apakah Perlu Keluar Dari Zona Nyaman?

Tentu saja, banyak sekali yang ingin keluar dari situasi aman dengan alas an menginginkan hidup yang dinamis. Memegan alasan yang umum dipakai, yaitu ingin mencari tantangan. Tapi, jangan sampai ajang keluar dari keadaan ini menjadi cara untuk melarikan diri . Apalagi, ketika keluar dari situasi ini, tujuan kita diawal malah berubah-ubah dan tidak karuan serta tidak jelas arahnya kemana. Hingga, kamu bisa terlena dan melupakan apa arti dari konsistensi dalam melakukan suatu hal.

Tapi, setelah itu jangan lupa bersyukur atas energi untuk bisa keluar dari situasi seperti ini. Mungkin bisa jadi, dengan upaya tersebut, kamu sudah melihat banyak pintu-pintu kesempatan yang dibukakan.

Juga bukan berarti dalam hidup harus selalu keluar dari zona nyaman. Kamu juga perlu mengerti apa yang membuat hidup kamu nyaman, karena pada akhirnya kita juga manusia yang membutuhkan sebuah stabilitas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apalagi, di masa-masa yang tidak menentu seperti ini.

Malah banyak saran dari psikolog-psikolog yang mengatakan bahwa tidak usah keluar dari zona nyaman tapi memperluas zona nyaman tersebut. Kamu bisa tetap mengambil tantangan dan risiko agar bisa terus berkembang. Karena berusaha keluar dari zona nyaman terus menerus akan membuatmu kelelahan, baik itu secara fisik maupun mental.