Gangguan Bipolar dan Gejalanya

Bipolar

Kenali Apa Itu Gangguan Bipolar

Bipolar

Table of Contents

Teman Rehat, pernah kah kamu merasakan perubahan emosi yang sangat drastis? misal sekarang kamu sedang merasa senang, lalu tiba tiba kamu merasa sangat marah. Mungkin untuk kamu yang tidak menyadarinya, merasa bahwa kejadian ini bukanlah sesuatu yang serius dan mengabaikannya. Atau karna sudah sering berada di situasi seperti itu, maka kamu tidak merasakan keanehannya. Pernah kah kamu mendengar  tentang  Bipolar? iya, gangguan mental ini awal – awalnya tidak di sadari loh oleh penderita dan orang sekitarnya. Jangan – jangan selama ini kamu tidak menyadari bahwa kamu atau orang terdekatmu sedang menderita bipolar. Yuk, kenalan dengan  Gangguan Bipolar!

Bipolar merupakan sebuah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi seseorang. Dari yang merasa senang, bahagia tiba tiba dapat berubah seper sekian detik menjadi marah, emosi yang berlebihan, dan lain sebagainya. Suasana hati si penderita Bipolar ini sangat fluktuatif dan drastis. Nama lain dari Bipolar ini adalah Manik Depresif.

Bipolar adalah kondisi serius, yang sangat berpotensi mempengaruhi baik kualitas hidup maupun karir seseorang. Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder ini berupa episode-episode yang berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Di luar episode gangguan mood, penderitanya dalam keadaan normal.

Baca Juga :

Ciri-ciri Depresi Yang Harus Kamu Perhatikan

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Bipolar Memiliki Dua Tipe Golongan, yaitu :

  • Gangguan Bipolar tipe 1 : Pada gangguan ini, episode gangguan moodyang lebih dominan berulang adalah manik (Senang, Gembira, Ceria, kegirangan yang berlebihan) .
  • Gangguan bipolar tipe II. Pada gangguan ini, episode gangguan moodyang lebih dominan berulang adalah depresi

Pada kondisi  Bipolar yang sudah parah, ini bisa sangat menjadi kondisi yang serius dan membahayakan. Penderita  Bipolar tipe satu bisa saja mengganggu keselamatan orang lain dengan megamuk, memukul, dan mengganggu yang lain. Sedangkan pada penderita tipe ke dua mereka biasanya membahayakan dirinya sendiri. Dengan menyilet nyilet tangannya, atau membenturkan kepalanya, bahkan ada yang sampai mencoba untuk melakukan bunuh diri. Jangan pernah seperti itu ya Teman Rehat.

Gejala Gangguan Bipolar.

Gejala yang di tunjukkan oleh penderita  Bipolar seperti yang telah dikatakan diatas, seperti Manik, yaitu kegirangan secara berlebihan. Kegirangan ini sangatlah berbeda dengan kegirangan orang normal pada umumnya ya Teman Rehat. Bipolar Disorder ditandai dengan adanya episode gangguan mood yang ekstrem, yaitu manik dan depresi. Di antara episode gangguan mood, penderita terlihat seperti orang normal.

Ada Pun Gejala Lain Yang Ditunjukkan Oleh Penderita Gangguan Bipolar Yaitu :

  1. Detak jantung tidak normal, perasaan gelisah dan merasa aneh.
  2. Nyaris tidak membutuhkan tidur
  3. Punya khayalan yang tidak biasa
  4. Mudah ter alihkan
  5. Mudah Tersinggung

Penyebab Bipolar

Sampai saat ini, penyebab pasti dari Gangguan Bipolar belum diketahui pasti. Namun di duga gangguan ini merupakan dampak dari adanya gangguan pada senyawa alami yang berfungsi menjaga fungsi otak (neurotransmitter). Tidak hanya itu, ada juga yang berpendapat bahwa  bipolar berkaitan dengan faktor keturunan. Gangguan pada neurotransmitter itu sendiri diduga dipicu oleh beberapa faktor, seperti:

  • Genetik
  • Sosial
  • Lingkungan
  • Fisik
  • dll

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko  Bipolar adalah mengalami stress yang teramat berat, pengalaman traumatic, kecanduan minuman beralkohol, pemakai berbagai jenis narkoba, dan memiliki riwayat keluarga terdekat ( Ayah, Ibu, Adik, Kakak) yang juga mengidap  Bipolar.

Pengobatan Gangguan Bipolar

Sampai saat ini, belum ada obat obatan yang dapat menyembuhkan seratus persen penderita  Bipolar. Obat obatan yang di berikan dokter digunakan hanya untuk mengontrol emosi dan suasana hati si penderita. Tujuan pengobatan  Bipolar adalah untuk menurunkan frekuensi terjadinya fase-fase mania dan depresi agar pengidapnya dapat hidup secara normal dan membaur dengan lingkungan. Selain denga memperbaiki pola hidup penderita, ada juga obat obatan yang diberikan, antara lain, penstabil suasana hati seperti lithiumAntikonvulsanantipsikotik, dan benzodiazepin tertentu juga bisa digunakan untuk menstabilkan suasana hati. Kadang-kadang antidepresan diberikan dalam kombinasi dengan penstabil suasana hati untuk meningkatkan suasana hati yang depresi, meskipun antidepresan sering tidak seefektif beberapa penstabil suasana hati atau antipsikotik atipikal tertentu untuk mengobati depresi pada Gangguan Bipolar.

Pencegahan Gangguan Bipolar

Cara mencegah Gangguan adalah dengan mengenali gejala gejala gangguan ini sejak dini. Dengan mengetahui gejalanya, kita dapat meng antisipasi kemungkinan terburuk jika itu terjadi pada diri kita dan sekitar kita. Jika kita sudah menyadari ada keanehan yang kita alami, maka segera lah datang ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat serta terapi untuk mengurangi gangguan ini.

Cara Yang Harus Kamu Lakukan Saat Menghadapi Penderita Gangguan Bipolar.

1. Mengenali Gejala Gangguan Bipolar

Mengenali  Bipolar pada orang terdekat kita, dapat membantu kita mengetahui sudah berada di tingkat mana  orang tersebut menderita  bipolar. Jika kita sudah tahu, maka kita akan mudah untuk menangani nya jika gejala yang ditunjukkan masih ringan, jika gejala yang di tunjukan sudah berat, kita tahu orang tersebut harus di bawa kemana.

2. Belajar tentang Kondisinya.

Mempelajari gangguan bipolar membantu seseorang memahami apa yang dialami pasangannya. Carilah informasi dari sumber terpercaya untuk membantu memberikan pandangan yang seimbang tentang kondisi ini.

3. Tujukan Kasih Sayang Tanpa Batas

Dengan menunjukan rasa sayang kita ke penderita gangguan bipolar akan sangat membantu mereka lho Teman Rehat. Dengan semangat yang kita berikan kepada mereka, mereka akan merasa dirinya berharga dan dicintai dan semangat lagi untuk sembuh, apa lagi saat mereka berada di fase depresi. Sebaliknya, jangan pernah meninggalkan mereka disaat mereka sedang berjuang dengan gangguan ini, itu akan membuat keadaan mereka semakin buruk.

Nah, gimana nih Teman Rehat, kalian sudah mengertikan Bipolar itu apa. Kalian juga sudah tau dong ya gimana sih cara menghadapi orang terdekat kit ajika dia menderita Gangguan Bipolar? atau kalian sendiri sudah punya pengalaman tentang Gangguan Bipolar? yuk boleh banget cerita sama kita, di kolom comment atau di email kita ya! Salurehat@gmail.com