Manfaat Essential Oil Untuk Diri Kita

Essential Oil

Manfaat Essential Oil Untuk Diri kita.

Essential Oil

Table of Contents

Essential oil adalah minyak yang diambil dari bagian tumbuhan tertentu. Umumnya bagian akar, batang, bunga dan daun yang di ambil untuk digunakan sebagai aromaterapi. Minyak ini di percaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Apa lagi nih sekarang kita sedang di situasi pandemic, yang mengharuskan kita untuk stay at home. Manfaat essential oil ini salah satunya dapat memperbagus mood kita karena wangi nya yang sangat menyegarkan dan menyenangkan. Ada banyak macam jenis wangi yang disediakan beberapa brand essential oil dengan manfaat yang berbeda pula. Nanti akan kita bahas satu per satu ya Teman Rehat.

Essential oil telah lama digunakan sebagai obat dan alat terapi untuk tubuh kita. Karena manfaatnya banyak sekali, tentunya kita juga pernah dan memiliki barang ini. Tidak hanya untuk me-rileks kan pikiran, tetapi, Teman Rehat tau ga sih minyak ini juga dapat digunakan dengan cara di oleskan, ini manfaatnya untuk menghangatkan tubuh, membantu menyembuhkan bakteri gatal, dan melindungi kita dari serangan serangga, seperti nyamuk. Essential oil di buat dari berbagai macam jenis tanaman lho. dan banyak sekali tanaman yang ada disekitar kita, bisa dijadikan essential oil. Dengan berbagai macam wangi, kita sebagai konsumen bisa memilih jenis wangi apa yang sedang kita butuhkan.

Berikut manfaat dari essential oil :

1. Membuat Rileks

relax

Essential oil dapat digunakan untuk me – rileks kan pikiran kita. Minyak ini sangat cocok untuk digunakan disaat kita sedang penat dan kelelahan bekerja. Jenis wangi yang dapat membantu kalian agar lebih rileks adalah Lavender, Jasmine, dan eucalyptus. Aromaterapi ini dapat kalian pakai di rumah dan di kantor karna ini sangat membantu untuk kalian mengilangkan penat dan kecemasan berlebih  dari tekanan pekerjaan kalian.

2. Dapat Membantu Agar Tidur Semakin Lelap

tidur lelap

Di saat pandemic ini, karena kita bekerja dirumha, melakukan segala aktivitas dirumah, banyak dari kita yang menderita insomnia dan gangguan tidur lainnya. Tentunya, insomnia dan gangguan tidur ini dapat menyerang siapa saja. Sekarang kita di tuntut untu menjaga kesehatan tubuh dan mental kita, jika kita tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dan kita tidak bisa menikmati waktu tersebut, maka itu akan mengganggu imun kita ya Teman Rehat. Jenis wangi yang dapat membantu tidur kalian agar lebih lelap antara lain, Chamomile, Mawar, Lavender dan masih banyak lagi.

3. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Sakit Kepala

Dengan Mengoleskan essential oil ke dahi dan pelipis juga bisa meredakan sakit kepala dan migrain loh Teman Rehat. Dengan mengoleskan essential oil jenis peppermint akan membantu kalian untuk menghilangkan sakit kepala dan juga migrain. For your info, Bangsa Persia dahulu kala menggunakan campuran chamomile dan minyak wijen lho untuk meredakan sakit kepala. Sakit kepala apa lagi migrain memang sangat menyiksa ya Teman Rehat, cobain deh kalau nanti tiba tiba sakit kepala, oleskan langsung essential oil nya yang rasa peppermint, pasti akan cepat pulih dan sehat kembali, yeayy.

4. Dapat Meningkatkan Mood

good mood

Saat mood sedang rusak, pastinya sangat tidak menyenangkan ya untuk kita dan sekeliling kita yang menyaksikan tingkah kita saat bad mood. Banyak cara untuk memperbaiki mood yang rusak, dari memakan coklat, menonton film, melakukan hobi yang tentunya kita suka, dan bisa juga lho dengan menghirup essential oil. Menurut penelitian, jika kita menghirup rosemary, itu akan meningkatkan daya ingat kita lho, ada juga yang mengatakan jika menghirup peppermint dapat membuat kita lebih focus terhadap sesuatu. Tentunya wangi essential oil yang akan membantu Lelah dan kepenatan kalian adalah peppermint, basil, dan helichrysum . Wangi – wangian ini tentunya dapat kalian taro di ruang kerja dan kamar kalian ya Teman rehat.

5. Mengurangi Hormon Stress

Mengurangi hormon stresss

Hormon stress tentunya sangat mengganggu semangat kita untuk menjalani hari – hari ya Teman Rehat. Kalo kita mudah stress itu tentunya akan berpengaruh juga bagi kesehatan tubuh dan mental, tentunya imun kita juga bakalan turun. Banyak dari penelitian yang menyebutkan khasiat dari essential oil salah satunya mengurangi hormone stress. Seperti saat menghirup aroma sereh, ini dapat menghindarkan kita dari stress dan rasa cemas yang berlebihan lho Teman Rehat. Aroma lavender pun dapat mengurangi hormone stress kortisol. Aroma Jahe dan spearmint juga dapat menghilangkan rasa mual pasca operasi lho.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit indah

Essential oil juga memiliki manfaat bagi kulit dan wajah. Tidak hanya untuk pikiran dan sakit kepala saja, essential oil jenis tea tree dapat membantu kulit kit ajika sedang berjerawat dan iritasi terhdap sinar UV lho. Chemomile juga dapat digunakan untuk meredakan imflamasi otot. Sedangkan eucalyptus dan lemon dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

Dari sekian banyak manfaat dari essential oil, minyak ini tidak dapat dipakai sembarangan lho Teman Rehat. Kalian harus tau minyak ini digunakan untuk apa, apakah di hirup atau dioleskan. karena banyak sekali manfaat dan cara pakainya, masih banyak dari kita yang mengabaikan  keamanan saat menggunakan essential oil.

Melansr dari Kompas, agar tetap aman dan manfaat dari essential oil, kalian harus cermat dan tau cara menggunakan essential oil ini. 

Berikut hal yang harus kalian ketahui :

1. Pertimbangkan Faktor Usia Dan Dosis

Mempertimbangkan factor usia sangatlah penting dalam menggunakan essential oil. Kita juga harus tau ya teman rehat, yang menggunakan ini umurnya berapa, punya alergi atau tidak, dosis dan komposisi dari essential oilnya pas atau tidak. Karena kalau kita mengabaikan ini, banyak efek buruk yang akan terjadi, salah satunya ruam pada kulit pengguna. Karena ada beberapa bahan yang menyebabkan kulit si pengguna menjadi alergi terhadap sinar matahari.

2. Butuh Di Encerkan

Essential oil butuh diencerkan, untuk mencegah hal yang tidak di inginkan terjadi. Pada umumnya, pengenceran minyak disarankan dibawah 5%. Sebagai ilustrasi untuk konsentrasi 1%, teteskan 6 minyak essential ditambah 1 ons minyak pengencer. Beberapa bahan essential oil yang harus wajib di encerkan adalah Kayu Manis, Cengkeh, Lemon Verbena, oregano, dan juga thyme.

3. Aromaterapi

Essential oil sangat berpengaruh untuk membahntu and ajika memiliki masalah saluran pernafasan dan gangguan suasana hati. Essensial oil sangat efektif saat dipakai dengan cara di hirup.

Nah Teman Rehat, begitulah informasi tentang essential oil. Apakah kalian tertarik juga untuk menggunakan essential oil? atau  Apakah kalian pernah mencoba essential oil ini? apa kah essential oil memiliki pengaruh yang sangat baik untuk tubuh kita? dan jenis wangi apa yang menjadi favorite kalian sejauh ini?  coba comment ya pengalaman kalian saat menggunakan essential oil.