Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

meditasi untuk kesehatan mental

Meditasi Baik untuk Kesehatan Mental loh!

Meditasi merupakan salah satu kegiatan yang dipercaya baik untuk kesehatan mental seseorang. Ternyata meditasi juga memiliki beberapa manfaat yang baik loh bagi tubuh.

 Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat.

Manfaat meditasi meliputi mengatasi stress, Menambah konsentrasi, menurunkan gula darah, mengurangi tanda tanda anxiety dan depresi. 

Dengan meditasi kamu jadi bisa mengobtrol emosi dan juga pikiran negative yang kamu punya.

Walaupun ada beberapa cara meditasi tetapi hampir semua cara meditasi terbukti mempunyai manfaat yang sama bagi tubuh.

Kegiatan ini juga tidaklah sulit untuk dilakukan, yuk kita simak apa saja manfaat meditasi

Table of Contents

1.Meningkatkan fokus dan konsentrasi

meditasi

Mindfullness

Meditasi dapat membuat kamu fokus terhadapat masa yang kamu jalani, dan tidak berpikir terlalu jauh. Hal ini dpat membuat kamu lebih konsentrasi terhadap apa yang kamu jalani.

Menurut penelitian di harvard pada tahun 2011, ditemukan efek meditasi pada otak yang dapat membantu otak kita menerima informasi baru.

Selain dapat membantu menerima informasi baru meditasi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita dan dapay berpengaruh dengan cara kita mengambil keputusan.

2. Mengurangi stress

Salah satu alasan orang melakukan meditasi adalah untuk mengurangi stress

Pada dasarnya stress dapat menaikan produksi hormon kortisol. Banyaknya hormon kortisol dalam darah menybabkan tubuh memproduksi sitokin. Hal ini menyebabkan efek yang kurang menyenangkan seperti tidak bisa tidur, anxiety, naiknya tekanan darah, rasa lelah, dan overthinking.

Dengan melakukan meditasi dapat mengurangi produksi hormon tersebut dan dapat mengurangi stress, rasa cemas, dan anxiety. Dengan meditasi kamu dapat mengontrol rasa stress yang tentu saja akan mengurangi anxiety kamu. Bahkan menurut penelitian meditasi bisa mengurangi anxiety pada orang Dengan generalized anxiety disorder.

Meditasi juga dapat berguna untuk orang yang sering merasa stress dikarenakan pekerjaan. Karena mempunyai waktu untuk istirahat sejenak dan berhenti untuk bernafas

3. Dapat meningkatatkan kesehatan mental

Dengan meditasi kamu dapat memikirkan hal-hal yang positive dan bermanfaat untuk hidup kamu. 

Hal ini menyebabkan orang yang sering melakukan meditasi dapat melihat dengan sudut pandang yang lebih positive dibanding Dengan yang tidak melakukan meditasi.

Dan Dengan meditasi kamu dapat mengenal diri kamu dan lebih mencintai diri sendiri. Meditasi sederhana yang dilakukan sendiri dapat membuat kamu lebih mengenal diri kamu dan dapat berkembang menjadi lebih baik.

Hal ini juga dapat membantu kamu mengerti mengenai pikiran kamu yang mungkin negative atau menyakiti diri sendiri  menjadi lebih baik. Dengan mengetahui diri kamu kamu bisa meningkatkan kesehatan mental kamu juga loh

4. Mengurangi kemungkinan pikun karena usia tua

Dengan meditasi kamu dapat meningkatkan konsentrasi dan kejernihan dalam berpikir. 

Hal ini dapat membuat pikiran kamu tetap muda.  Dengan tekhnik meditasi yang benar bisa mencegah demensia pada orang lanjut usia.

Meditasi dapat membantu otak kita melatih pikiran dan membuat kita berpikir lebih positive yang pastinya berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental kita

5. Menjadi orang yang lebih baik

Dengan meditasi kamu dapat menambah perasaan positive dalam diri kamu yang akan berdapak kepada diri sendir dan orang orang disekitar kamu.

Metta adalah tipe meditasi yang  dikenal Dengan loving-kindness meditasi. Dengan tipe meditasi ini kamu akan mulai memiliki pemikiran yang baik terhadap diri sendiri

Dan lama lama Dengan laithan orang akan belajar untuk menerapkan kebaikan dan memaafkan orang terdekat dan orang sekitar mereka. Dengan meditasi metta dapat meningkatkan positivity, empati dan compassion kepada sesama manusia.

6. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

meditasi untuk tidur

Hampir 50 % populasi manusia mengidap insomnia pada suatu masa dalam hidupnya. Dengan meditasi dpaat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Meditasi dapat mengajarkan kamu cara untuk mengontrol pikiran dan Menyusun pikiran. Salah satu penyebab insomnia adalah overthingking saat malam hari. Hal ini bisa kamu atasi dengan kebiasaan meditasi yang membuat pikiran kamu tenang.

Meditasi juga dapat membuat kamu merasa lebih relax dan merasa tenang, sehingga membaut tidur kamu nyaman.

7. Membantu Mengontrol Rasa Sakit

Rasa sakit berhubungan dengan pikiran yang bisa membuat seseorang merasa stress. Dengan mengontrol pikiran dapat mempengaruhi bagaimana pikiran kamu menerima rasa sakit dan mengontrolnya. Meditasi juga dapat membuat kamu merasa lebih tenang juga relax.

8. Menurukan tekanan darah

Dengan melakukan meditasi kamu juga dapat meningkatkan kesehatan fisik kamu loh!

Tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras dan bisa mengurangi efektifitas jantung.

Darah tinggi sepeerti yang kita tau merupakan penyakit yang berbahya yang bisa menyebabkan penyumbatan dan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke

Dengan meditasi dapat mengontrol teknana darah dengan cara membuat tubuh menjadi lebih relax dan meberikan sinyal untuk mengatur fungsi jantung dan tekanan darah untuk menurun

Nah ini dia 9 manfaat meditasi yang bisa kamu dapatkan. Selain mudah dilakukan dimana saja meditasi juga mudah dilakukan.

Ada banyak jenis meditasi yang dapat dilakukan. Kebanyakan meditasi tidak memerlukan tempat atau alat apapun. Kamu bisa melakukan meditasi selama beberapa menit setiapharinya. Meditasi juga bisa menjadi rutinitas yang baik untuk kamu lakukan setiap hari kapanpun waktunya

Tunggu apa lagi yuk meditasi setiap hari selama beberapa menit saja, luangkan waktu untuk dirimu sendiri