Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan Mental

Manfaat menanam pohon

Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan Mental

Hutan merupakan paru paru dunia, bahkan pada tanggal 21 maret diperingati sebagai world forest day.

Oleh karena itu kita semua tau pentingnya manfaat menanam pohon untuk bumi kita. Bukan hanya sebagai penyedia oksigen, menyerap air dan tentu saja dengan menanam pohon kita dapat menghidari hal hal yang tidak diinginkan seperti global warming.

Selain itu manfaat menanam pohon yang harus kita ketahui, pohon membantu menyaring air yang kita minum loh, apa lagi faktanya ada 80 keanekaragaman makhluk hidup yang berhabitat di pohon.

Selain mempunyai manfaat bagi banyak makhluk hidup, menanam pohon juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kamu loh! Yuk simak apa saja manfaat pohon pada artikel berikut

Manfaat menanam pohon

Table of Contents

Menanam Pohon Dapat Membantu Kita Mengurangi Stress

Menurut penelitian berhubungan dengan alam dapat mengurangi rasa stress seseorang dan mengurangi anxiety.

 Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di Jepang orang dengan kebiasaan berjalan selama 15 menit di hutan akan merasa anxiety mereka berkurang, rasa was-was, penat mereka berkurang dibanding dengan orang yang hanya berjalan di perkotaan. 

Berjalan kaki terbukti sangat berpengaruh terhadap psikologis seseorang, tetapi lingkungan yang baik mempunyai peran yang penting bagi kesehatan mental.

 Dengan berada di lingkungan yang alami akan lebih berpengaruh terhadap kesejahteraan seseorang.

Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan Tubuh

menanam pohon

Disamping baik bagi pernafasan seseorang, berada di sekitar pohon dapat meningkatkan kesehatan juga loh!

Dengan menghabiskan banyak waktu di sekitar hutan akan menaikan sisten imun kita. Disamping itu dengan adanya huran-hutan di tengah kota dapat sangat bermanfaat jika digunakan untuk jalan – jalan, Karena berjalan disekitar pepohonan dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aktivitas saraf parasimpatik yang berhubungan dengan relaksasi tubuh.

New York sebagai Kota besar yang mepunyai hutan kota melaporkan orang yang tinggal di dekat hutan kota mempunyai kesehatan keseluruhan yang lebih baik di bandingkan orang yang tinggal tidak dekat dengan pepohonan.

Ternyata pasien rumah sakit yang kamarnya menghadap ke arah pepohonan akan pulih lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memiliki pandangan yang sama. 

Pohon dapat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan, dan memungkinkan kita kembali terhubung dengan alam. Selain itu, pohon melindungi kulit kita dari sengatan matahari yang terus meningkat dengan naungannya.

Memberikan Udara yang Sehat untuk Tubuh

Pohon dan tumbuhan adalah penyumbang oksigen yang utama di lingkungan kita. Ketika pohon melakukan fontosintesis, tumbuhan ini menggunakan karbon dioksida dan sinar matahari untuk menghasilkan nutrisi untuk aktivitasnya. Karena itulah pagi hari terasa sangat segar dan bersih. Selain itu produk sampingan dari fotosintesis adalah oksigen yang merupakan salah satu elemen penting untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, berarti pernapasan dan kehidupan kita yang lebih sehat mempunyai pohon dan tanaman dalam jumlah maksimum di atmosfer.

Hutan Dan Demensia

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Dundee yang dipublikasikan pertama kali pada jurnal John Muir Trust menyebutkan tentang hubungan antara alam dan demensia masih dalam tahap awal. 

an memungkinkan orang untuk rileks, terhubung, dan bernostalgia dengan pengalaman hidup masa lalu mereka juga memberikan pengalaman sensorik yang bermakna dan terarah. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kesadaran spasial, tetapi juga berbagai elemen kesejahteraan yang tak terukur seperti makna dan identitas.

Air

Hutan memiliki peranan yang penting untuk menyimpan air hujan, mengurangi bencana alam sepeerti banjir dan Tanah longsor. Sistem akarnya berfungsi seperti filter, memperlambat penyerapan air ke dalam tanah dan menghilangkan polutan. Proses ini mencegah erosi longsor yang berbahaya dan mengurangi risiko kejenuhan dan banjir. Pohon cemara dewasa menurut Asosiasi Pangan dan Pertanian PBB, setiap tahun bisa menahan lebih dari 15.000 liter air.

Nah itu dia mandat menanam pohon yang bisa didapatkan, banyak sekali manfaat menanam pohon yuk kita tanam 1 pohon agar dapat melestarikan alam, menjaga lingkungan dan juga dapat berefek baik bagi kesehatan kita