Manfaat Pohon Bagi Manusia, Rasakan Dengan Peluk Pohon

manfaat pohon bagi manusia

Manfaat Pohon Bagi Manusia, Rasakan Dengan Peluk Pohon​

Manfaat Pohon Bagi Manusia, Rasakan Dengan Peluk Pohon​

Di era pandemic seperti sekarang, orang-orang lebih dianjurkan banyak di rumah. Nyatanya, terlalu banyak di rumah bisa menimbulkan stres. Siapa sangka, pergi ke hutan ternyata bisa menjadi obat stres. Itulah kenapa, manfaat pohon bagi manusia sangat penting, yakni sebagai relaksasi pikiran. Masih gak percaya? Simak penjelasan Rere berikut ini!

Mengapa Kita Harus Menanam Pohon?

Di era modern, orang lebih  banyak sibuk dengan gadgetnya. Mereka merasa tidak sempat untuk menanam pohon. Padahal menurut National Geographic, planet kita saat ini kehilangan lebih dari 15 miliar pohon setiap tahun (setara dengan 48 lapangan sepak bola setiap menit). 

Jika kita bersama-sama menanam pohon hingga mencapai 7,8 milyar pohon per tahun, semakin besar kontribusi kita pada kehidupan manusia. Sebab, salah satu manfaat pohon bagi manusia adalah untuk kesehatan mental.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, 585 peserta dewasa muda Jepang melaporkan suasana hati mereka setelah berjalan selama 15 menit, baik di lingkungan perkotaan atau di hutan. Mereka berada di 52 lokasi hutan dan pusat kota berbeda di seluruh negeri. Sekitar 12 peserta berjalan di setiap area. Hasilnya, para peserta yang berjalan di hutan mengalami lebih sedikit kecemasan, permusuhan, kelelahan, kebingungan, dan gejala depresi, serta lebih bertenaga, dibandingkan dengan berjalan di lingkungan perkotaan.

Fakta Memeluk Pohon Untuk Kesehatan Mental

Kebanyakan dari kita mungkin sudah merasakan manfaat dari berpelukan. Ketika kita memeluk seseorang, kita merasa lebih tenang dan aman. Namun, bagaimana jika memeluk pohon? Apakah manfaat memeluk pohon bagi manusia?

Dilansir dari Halodoc, salah seorang penjaga hutan di Hutan Nasional Hallormsstaður, Islandia Timur menyebutkan bahwa memeluk pohon akan menciptakan perasaan relaksasi yang luar biasa dan kemudian akan membuat kamu siap untuk hari baru dan tantangan baru. Menghabiskan waktu di alam juga memiliki manfaat kesehatan yang besar. Sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa menghabiskan dua jam seminggu di alam dikaitkan dengan dan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.

Wah ternyata manfaat pohon bagi manusia luar biasa ya untuk kesehatan mental kita. Jadi, tidak ada salahnya untuk memeluk pohon minimal 5 menit sehari.

Tips Menanam Pohon Di Rumah

Menanam pohon

Sumber: Freepik.com

Masa pandemi mungkin menyulitkanmu untuk berpergian wisata alam.  Apalagi, jika rumahmu di tengah perkotaan yang sulit mendapatkan akses ke hutan. Tetapi kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa dekat dengan alam dengan cara menciptakan lingkungan hijau di rumahmu. Jadi, manfaat pohon masih bisa kamu dapatkan. Lantas, apa saja tipsnya?

1. Tentukan Pohon Yang Ingin Kamu Tanam

Selera orang pada tanaman tentu berbeda-beda. Ada yang lebih menyukai tanaman hias, ada juga yang lebih menyukai tanaman obat. Itu semua tidak masalah, selama kamu tahu bagaimana cara perawatannya nanti.

Biasanya tanaman hias dijadikan pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk meredakan stres. Kalau Rere, lagi suka-sukanya dengan tanaman hias Montstera dan Janda Bolong. Tanaman hias ini sedang popular-populernya di tahun 2021.

Nah, apa kamu sudah tahu mau menanam apa nanti?   

2. Persiapkan Lahan Untuk Bertanam

Luas lahan juga harus sangat diperhatikan. Kalau kamu menyadari lahanmu tidak cukup luas, kamu bisa memilih tanaman-tanaman yang akarnya tidak terlalu cepat pertumbuhannya. Intinya, kamu tidak perlu merasa amat berat hanya karena lahan yang sempir. Siapkan saja wadah tanaman agar kamu tetap bisa menanam walau dengan cara minimalis. Selain itu, perhatikan juga pancaran sinar matahari dan sumber air di rumahmu cukup.

3. Pilih Bibit Sesuai Tanaman

Agar tanamanmu bisa tumbuh dengan bagus, kamu harus memahami bibit tanaman yang cocok untuk tanamanmu. Sehingga tanamanmu bisa tumbuh di waktu dan keadaan cuaca tertentu yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal.

4. Rawat Secara Rutin Dengan Kasih Sayang

Bukan hanya pasangan yang harus kamu berikan kasih sayang, tanaman juga perlu loh. Bukan berarti, setelah tanamanmu tumbuh hingga menjadi pohon besar, kamu lepas tangan. Wah jangan sampai ya! Pastikan kamu memangkas daun layu atau bagian yang kering agar sirkulasi tanaman tetap terjaga.

Jangan siram terlalu banyak air hingga membasahi area kebun atau halaman rumah. Rajinlah juga mengganti atau memberikan pupuk pada tanaman Anda agar dapat tumbuh lebih sehat.

 Kalau kamu sudah berhasil menanam pohon di rumahmu, semoga stresmu bisa mereda yaa. Sering-seringlah menghirup udara segar dekat pohonmu, jika tak sempat pergi ke hutan. Jangan lupa, sesekali cobalah peluk pohon supaya lebih ampuh mengurangi stres.

Baca juga : Hari Hutan Sedunia 2021, Hutan Indonesia Apa Kabar?