Self Healing Yang Menyehatkan Batin

cover self healing

Self Healing Yang Menyehatkan Batin, 5 Cara Menerapkannya Di Kehidupanmu.

self Healing

Table of Contents

Hai Teman Rehat, gimana kabar kamu? baik – baik saja kan?, tapi it’s okay jika kamu lagi berada di waktu yang tidak baik. Nah, ngomong – ngomong sedang berada di waktu yang tidak baik, pas banget nih sama artikel ini, kita akan bicarain tentang Self Healing

Kegiatan ini tentunya sangat baik ya Teaman Rehat untuk kesehatan mental kita, karena kita sebagai manusia biasa tentunya sering berada di posisi yang tidak enak. Banyak factor yang membuat perasaan dan fikiran kita tidak baik, bisa dari pekerjaan, percintaan, atau bahkan dari keluarga kita sendiri. Jadi, jangan malu ya untuk sharing keseharian kalian!

Self Healing ini sangat berguna loh Teman Rehat untuk menyelesaikan Unfinished Business yang berdampak pada emosi kita. Dengan melakukan Self Healing kita akan merasa lebih baik dari sebelumnya, dan kita juga dapat mengevaluasi segala hal yang telah kita lewati. Banyak sekali peristiwa yang men-trigger kita menjadi bad mood, nah dari sini. 

Kita bisa mengetahui dan mengenali apa saja sih kejadian yang membuat kita seperti itu? dan kita juga bisa mengenali apa yang kita rasakan dari kejadian tersebut. Apakah kita kesal? atau marah? dan apakah kita bisa meluapkannya? atau kita hanya bisa memendam itu semua?

Self Healing atau Menyembuhkan diri sendiri adalah sebuah proses yang kita lakukan guna mengobati diri kita sendiri. Tentunya bukan hanya mengobati luka fisik ya Teman Rehat, tetapi kita pun bisa Mengobati luka batin kita juga loh. 

Metode ini biasanya digunakan oleh seseorang yang menyimpan luka batin yang sekiranya sudah tidak bisa ditahan lagi, sehingga luka batin tersebut sangatlah mengganggu emosinya. Ketika emosi nya terganggu, maka semua aktifitas yang dilakukannya pun akan terganggu juga. 

Jika luka batinnya ini tidak segera di sembuhkan, maka kamu akan selalu merasa tidak baik – baik saja. Makanya yuk kenalan dengan Self Healing, dan gimana menerapkannya di kehidupan kita.

Untuk kamu, yang masih berkutat dengan luka batin dari masa lalu mu, dan belum pernah mencoba untuk Self Healing, Salurehat punya rekomendasi nih beberapa aktifitas yang sekiranya dapat membantu kamu, untuk menyembuhkan luka batin masa lalu mu. Semoga berhasil ya!

1. Me Time

me time

Disaat kita peduli dengan orang lain, kita sering kali lupa dengan diri kita. Dan biasanya, masalah yang membuat kita stress itu biasanya dari kehadiran orang lain. Misal, kita memiliki pegalaman buruk dengan keluarga kita. 

Atau kemarin sempat berantem hebat sampai putus dengan pacar. Ini tentunya sangat mengganggu fikiran dan suasana hati kita ya Teman Rehat. Itu tandanya kita harus melakukan me time.

Ada baiknya, kita untuk menyediakan waktu sendiri untuk diri kita. Kita harus sadar kalau selama ini, kita tidak begitu peduli dengan diri kita. Kita hanya focus dan sibuk dengan orang – orang yang kita sayangi, tapi lupa dengan kebutuhan diri kita. 

Bagaimana pun orang lain memperlakukannya, diri kita sendiri masih ber – hak memilih untuk bahagia. Dengan Meluangkan waktu untuk diri sendiri benar-benar akan membuat kita merasa lebih bermakna. Membuat kita merasa bahwa pusat dari segala kehidupan ini adalah diri sendiri. Orang lain hanyalah pelengkap kebahagiaan.

2. Ngobrol Dengan Diri Sendiri

bicara

Bicaralah kepada diri kita sendiri tentang semua perasaan yang kita rasakan, pengalaman baik dan buruk yang kita alami hari ini, dan semua kejadian yang terjadi pada hidup kita hari ini.

Tempat yang baik untuk bercerita adalah diri kita sendiri, ngobrol dengan diri sendiri bukan berarti kamu sedang gila ya Teman Rehat, Cuma dengan berbicara ke diri sendiri pastinya akan memberi rasa yang lebih menenangkan, karna yang mengerti diri kita, ya kita sendiri.

Ngobrol dengan diri kita sendiri sebenarnya dapat membantu kita untuk mengenal siapa diri kita. Karena jika sudah terbiasa kita melakukan conversation dengan diri sendiri maka kita akan mengetahui jawaban jawaban yang tadinya kita bingung. Dengan bercerita pun kita sebenarnya akan mengetahui karakter dan sifat kita yang sebenarnya.

3. Berdamai Dengan Keadaan

merenung

Ada baiknya, untuk menyembuhakan luka batin yang kita alami, kita berdamai dengan keadaan kita sekarang ini. Dan juga tentunya berdamai dengan diri kita sendiri. 

Mengingat luka lama memang susah sekali untuk tidak dilakukan ya Teman Rehat, pasti aja ada waktu dimana kita teringat dengan luka- luka tersebut, dan berpengaru terhadap emosi dan mood kita saat itu juga secara langsung. Setiap orang berhak marah atas semua hal tersebut.

Namun, apakah dengan menyalahkan keadaan kita akann terbebas dari stress dan temosi tidak stabil? tidak kan, malah akan berdampak lebih buruk terhadap diri kita. 

Alangkah baiknya jika kita berdamai dengan keadaan dan diri kita, menerima semua luka dan melupakan segalanya, dan tentunya memulai hal baru yang akan membuat kita lebih baik kedepannya.

4. Tuliskan Apa yang sedang kamu Fikirikan dan Rasakan

menulis

Bagi beberapa orang, menuliskan sesuatu yang terjadi pada dirinya akan membuat dirinya merasa lebih baik. Jika kita membiarkan pikiran kita penuh akan hal – hal yang mengganggu kita, pastinya tidak baik ya Teman Rehat, kita akan susah memahami apa yang sebenarnya kita rasakan.

Pastinya ini tidak baik bagi kesehatan mental dan emosi kita. Dengan menulis, akan membantu kita untuk mengenal dan mengerti tentang perasaan yang sedang kita rasakan saat ini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari Salurehat untuk kamu yang sedang  bingung gimana melakukan Self Healing. Sebenarnya, yang tau metode untuk menyembuhkan diri kita sendiri, ya diri kita sendiri ya, tapi ga ada salahnya juga kita berbagi cara kepada yang lain, siapa tau cara ini berguna buat kamu. 

Nah jika kamu pernah melakukan Self Healing, dan berhasil, bisa dong ceritakan bagaimana caranya kalian menyembuhkan luka batin yang sangat mengganggu itu. Kita tunggu ya, di kolom comment atau di email Salurehat@gmail. com.